Tips Sukses Memulai Bisnis Food Truck

harga food truck indonesia, asosiasi food truck indonesia, makanan yang cocok dijual di food truck, konsep food truck, desain food truck, modifikasi food truck, izin food truck, karoseri food truck indonesia

Saat ini banyak orang menggeluti usaha Food truck.

Usaha Food truck ini terbilang menggiurkan karena kita tidak perlu memikirkan sewa tempat usaha yang terkadang menjadi kendala utama, karena biasanya biaya sewa tempat sangat mahal, terlebih bila tempat tersebut strategis.

Selain itu, kebanyakan respon dari masyarakat pun cukup baik terhadap usaha ini.

Usaha food truck termasuk usaha yang sangat kreatif, inovatif serta unik.  Konsep dari bisnis food truck adalah berpindah-pindah.

Dikota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Malang mulai banyak dijumpai bisnis Food truck ini.

Tips Memulai Usaha Food Truck

  1. Siapkan modal

Untuk memulai bisnis food truck tidak seperti memulai bisnis kuliner pada umumnya. Modal awal yang dibutuhkan cukup tinggi. Karena banyak sekali infrastruktur yang harus disiapkan. Seperti mobil, dekorasi mobil serta perlatan yang digunakan. Perkiraan modal awal berkisar antar 300 juta hingga 400 juta.

  1. Siapkan perijinan

Meskipun bisnis usaha food truck tergolong tidak tetap, namun menyiapkan perijinan harus tetap dilakukan. Agar usaha food truck benar-benar mendapatkan ijin dari pihak pemerintah daerah.

  1. Pilih menu makanan

Konsep food truck yang sudah menarik tentunya harus diimbangi dengan menu yang menarik minat pembeli. Akan sangat disayangkan sekali jika konsep menu yang kita pilih tidak menjual sama sekali. Pilihlah alternatif menu yang sifatnya universal sehingga disukai banyak orang namun juga tidak pasaran.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Seperti yang anda ketahui bahwa tidak semua lokasi mengijinkan food truck berhenti disana. Sebelum anda memulai mengoperasikan food truck cobalah melakukan survey lokasi yang menjadi sasaran nanti. Bidiklah lokasi yang memiliki potensi keramaian. Bangunlah komunikasi yang baik dengan pihak pengelola lokasi yang akan anda jadikan target.

  1. Kebersihan

Karena konsep yang diusung food truck adalah open kitchen usahakan untuk selalu menjaga kebersihan area operasional food truck. Selain itu kebersihan penjual pun juga tak luput dari perhatian. Jangan sampai hanya karena kelalaian kecil hingga menyebabkan hal fatal bagi kelangsungan usah food truck.

  1. Rajin menjalankan promosi

Promosi merupakan kegiatan memperkenalkan produk. Promosi dapat dilakukan melalui media sosial instagram untuk menginformasikan posisi tempat anda berjulan dihari itu. Ikuti event-event seperti festival kuliner, musik dan lainnya. Intinya efektifkan semua media yang dapat dijadikan tempat promosi.

Kelebihan dari menjalankan usaha food truck yaitu

  • – Bisnis food truck merupakan ide yang cemerlang untuk memperluas dan memperkenalkan usaha tersebut di kalangan masyarakat dengan konsep nomaden atau berpindah-pindahnya.
  • – Karena tergolong jenis usaha baru tentunya food truck dapat mencuri perhatian pencinta kuliner
  • – Salah satu jenis usaha yang memiliki potensi keuntungan cukup besar, tentunya tergantung dari kwalitas, rasa dan jenis makanan yang di jual.
  • – Bisa berpindah tempat, dan bisa memilih tempat-tempat jualan yang strategis.

Kekurangan usaha food truck yaitu

  • – Tidak semua tempat memberikan izin keberadaan food truck
  • – Ide usaha food truck sangat bagus, namun dari segi permodalan juga lumayan cukup tinggi. Tergantung dari jenis kendaraan apa yang akan digunakan.

Bisnis food truck termasuk dalam kategori bisnis kuliner yang praktis serta mendatangkan keutungan yang besar. Meskipun dari sisi permodalan hampir sama seperti mendirikan restaurant, namun food truck lebih memiliki daya tarik tersendiri dan bisa mencuri minat pelanggan. Selain itu dengan sistem berpindah-pindah tentunya akan memudahkan dalam mencari lebih banyak pembeli serta mempermudahkan pelaku usaha food truck menjajakan produknya dimananapun.