Dunia bisnis adalah dunia yang keras dimana hanya mereka yang bermental kuatlah dan mempu menjaga motivasi diri yang dapat survive dari berbagai rintangan yang menghadang.

Dalam dunia bisnis, anda akan menemukan bermacam – macam masalah seperti saingan yang berat, usaha yang tak kunjung berkembang, sering mengalami kerugian, dan lain – lain.

Keadaan seperti ini sering kali membuat para pebisnis menjadi down dan merasa terpuruk. Dan bila hal ini terjadi, bisa berakibat fatal. Jika niat dan motivasi ikut terpuruk maka besar kemungkinan usaha juga ikut berhenti/gulung tikar.

Tips Menjaga Motivasi saat Bisnis dalam Keadaan Terpuruk

Nah, untuk menghindari hal tersebut, disini akan kami bagikan tips menjaga motivasi bisnis agar selalu kuat, tegar dan selalu bangkit dari keterpurukan usaha yang terjadi.

1. Bayangkan perihnya akibat kegagalan tersebut

Memang, kegagalan adalah hal yang sulit dihindari dan akibatnya bisa fatal. Namun membayangkan perihnya kegagalan adalah hal yang cukup ampuh untuk melecut motivasi anda agar kembali memuncak. Bayangkan modal anda yang sebegitu banyak, yang dengan susah payah anda telah mengumpulkannya tiba-tiba lenyap dalam kebangkrutan. Rasa takut yang anda ciptakan sendiri tersebut bisa membuat anda kembali semangat menjalankan roda usaha yang sempat terhenti akibat keterpurukan.

2. Cari partner yang bertanggung jawab

Bisnis adalah hal yang kompleks yang tidak bisa dijalankan oleh satu orang saja. Anda harus memiliki minimal satu partner yang bertanggung jawab dan siap menanggung semuanya bersama – sama. Dengan begini, motivasi berbisnis anda akan tetap terjaga. Selain itu kalian juga bisa saling memotivasi dan meyakinkan pada saat bisnis sedang terpuruk.

3. Ingat mimpi dan tujuan anda

Sebelum memulai bisnis, tentu anda sudah memiliki mimpi dan menyusun tujuan yang hendak dicapai melalui bisnis tersebut. Nah, ketika keterpurukan melanda, ingatlah kembali tujuan awal anda mendirikan bisnis tersebut. Dengan begini, motivasi anda akan kembali dan semangat berbisnis bisa bertambah berlipat ganda.

4. Susun rencana

Saat – saat terpuruk bisa dibilang titik terendah dalam bisnis anda. Namun anda tidak boleh terus menerus berada pada titik tersebut. Mau tidak mau anda harus segera bangkit dan melanjutkan bisnis anda. Untuk melakukan hal itu, anda harus menyiapkan dan menyusun suatu rencana yang rapih dan strategis. Hal ini sangat penting di lakukan demi menjamin bisnis anda kembali berjalan normal dan tidak lagi terjadi kegagalan seperti sebelumnya.

5. Ngobrol dengan orang yang lebih dulu sukses

Memiliki teman atau rekan yang sudah lebih dulu sukses bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi anda terutama saat bisnis anda sedang terpuruk. Disini, anda bisa mendapatkan pelajaran dan motivasi dari orang tersebut tentang bagaimana menanggapi kegagalan, dan melanjutkan bisnis hingga menjadi besar dan sukses.

Nah, itu dia 5 cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga motivasi ketika bisnis sedang terpuruk. Semoga bermanfaat.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here