7 Tips Menulis yang Baik Bagi Pemula

Menghasilkan karya tulis yang baik bukanlah sesuatu yang mudah karena menulis bukan hanya sekedar bakat. Menulis membutuhkan kerja keras yang tinggi dan kemauan untuk mau belajar praktek menulis secara rutin, sehingga kepekaan dalam merangkai bahasa yang bagus dapat melekat dalam diri penulis. Terlebih bagi seorang pemula, bisa menulis dengan baik tentunya perlu proses dan tips yang benar. Bagi para pemula, salah satu kendala awal yang di alami adalah, kebingungan untuk memulai.

Nah, untuk melatih hal tersebut, agar anda tidak terlalu lama merasa kebingungan, simaklah beberapa tips menulis untuk pemula berikut ini.

7 Tips Menulis yang Baik Bagi Pemula

1. Tentukanlah topik yang anda kuasai dan anda minati

Topik yang akan anda tulis memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi mood anda untuk menyelesaikan tulisan yang akan anda buat. Oleh karena itu bagi penulis pemula, hendaknya pemilihan topik didasarkan pada bidang yang dikuasai sekaligus diminati oleh penulis. Dengan menulis sesuatu yang disukainya, tulisan yang dihasilkan cenderung bisa lebih luwes karena didukung oleh pengalaman yang sebelumnya pernah dilalui oleh penulis.

2. Carilah berbagai referensi

Referensi memiliki andil untuk mendukung anda agar dapat membahas tulisan yang anda buat dari berbagai aspek. Oleh karena itu, bagi setiap penulis, khususnya penulis pemula harus memperkaya referensi terkait dengan tulisan yang akan anda buat. Hal ini nantinya akan membantu anda agar tidak sampai menghadapi writer’s block di tengah perjalanan anda membuat tulisan.

3. Buatlah kerangka isi dalam bentuk point –point

Setelah mendapatkan informasi terkait judul yang akan anda bahas, buatlah kerangka isi judul dalam bentuk point-point. Point-point inilah yang nantinya akan anda bahas dan mampu mewakili ide yang ingin anda sampaikan pada pembaca. Hal ini dapat membantu anda untuk menulis secara sistematis dan runtut.

4. Awalilah paragraf pertama dengan alasan pengangkatan judul

Paragraf pertama tulisan itu penting untuk menarik minat pembaca agar terus membaca tulisan anda sampai selesai. Oleh karena itu awalilah tulisan anda dengan sesuatu yang menjadi alasan anda untuk mengangkat judul tersebut, kemudian mulailah tuangkan alasan tersebut dalam sebuah tulisan.

5. Jelaskanlah point-point dari kerangka isi yang sebelumnya sudah anda buat

Selanjutnya adalah point penjelasan isi. Disini anda hanya perlu menjelaskan point-point isi tulisan yang sebelumnya sudah anda buat kerangkanya. Untuk membuatnya terkesan tidak kaku, bayangkanlah seolah-olah anda berhadapan dengan pembaca dan anda ingin menyampaikan maksud anda secara langsung kepada pembaca. Tuangkanlah penjelasan anda kedalam tulisan secara mengalir dan tanpa takut salah susunan katanya.

6. Tutuplah tulisan anda dengan kesimpulan, saran atau ajakan

Setelah anda menuangkan penjelasan isi dalam bentuk tulisan, langkah selanjutnya adalah menutup tulisan. Di sini anda dapat memilih penutup yang cocok untuk tulisan anda apakah itu dengan cara membuat kesimpulan, saran, atau kah ajakan yang bersifat persuasif atau kombinasi dari ketiganya.

7. Baca kembali tulisan anda dan perbaiki kesalahan

Setelah tulisan anda sudah selesai, jangan lupa untuk mereview tulisan yang sudah anda buat. Nah, disinilah baru anda perhatikan susunan katanya. Apakah susunan kata tersebut sudah dapat memahamkan pembaca ataukah ada yang harus diperbaiki. Jika sudah bisa memahamkan pembaca berarti tulisan anda sudah bisa di akhiri.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips menulis bagi pemula. Tetaplah bersemangat untuk menulis, menulislah secara kontinu dan latihlah kepekaan anda terhadap tulisan yang anda buat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Pos terkait