Tips Menulis Dengan Lancar

Tips Menulis Dengan Lancar

Ingin mendapatkan tulisan yang mengalir dan naskah cepat selesai. Sebaiknya ikuti beberapa tips menulis dengan lancar agar ide-ide mengalir dan naskah pun kelar.

Tips Menulis Dengan Lancar

1. Membaca

Dengan membaca buku kita seperti menyimpan bendungan kosa kata dan sulaman kalimat dari buku yang kita baca. Hal ini dapat kita tuangkan kelak ketika menulis sebuah naskah, apa yang kita baca bisa dijadikan sebuah referensi agar naskah semakin kuat dengan data-data yang kita ambil dari buku-buku yang telah kita baca. Asal jangan 100% memindahkannya. Buat gaya penulisan sendiri.

2. Wawancara

Metode ini bisa digunakan sebagai pendukung data jika naskah yang dituliskan memang membutuhkan wawancara tokoh atau ahli dalam bidangnya seperti dokter, psikologi, dll. Apalagi untuk menulis biografi metode wawancara sudah pasti digunakan untuk mengulik profil yang hendak ditulis. Selain mencari juga sosial media dan media cetak.

3. Traveling

Dengan bepergian ke belahan bumi lainnya, jalan-jalan menyusuri keindahan suatu kota atau tempat wisata lainnya akan membuat penulis dengan mudah mendeskripsikan suatu tempat, menceritakan kebiasaan masyarakat, apalagi dituls berdasarkan pengalaman sendiri tentu akan menghasilkan sentuhan yang berbeda. 

4. Ikut kelas menulis

ini sudah pasti akan mendapatkan ilmu menulis dari sang mentor. Simak ilmunya dan praktekkan, jika ada yang tidak dimengerti tanyakan. Terkadang kita belajar tidak langsung paham, butuh jeda meresapi setiap ilmu yang diberikan. Siapkan waktu untuk menyimak materi dengan tenang, keberhasilan dalam kelas menulis tergantung seberapa banyak peserta yang mempraktekkan ilmu yang telah diberikan.

Demikianlah beberapa Tips Menulis Dengan Lancar, Semoga Bermanfaat

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *