Mungkin sebagian dari anda ada yang pernah mengalami penurunan semangat kerja, tapi sebenarnya hal itu wajar dan setiap orang bisa membangkitkan semangat kerja pada dirinya bila mengetahui caranya.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan menurunnya semangat kerja, mulai dari kejenuhan, gaji yang di bawah standart dan tak kunjung naik, malas dengan atasan, punya masalah dengan rekan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tentunya anda tidak boleh berlarut-larut dalam keadaan tersebut. Anda harus pandai memotivasi diri untuk segera bangkit dan semangat lagi agar bisa produktiv seperti biasanya.

Ingat lagi tujuan dan cita – cita anda

Saat rasa malas mulai menyerang, ingat kembali tujuan dan cita – cita anda melalui pekerjaan tersebut. Jika anda menginginkan posisi dan jabatan yang lebih tinggi, maka anda harus bekerja dengan lebih semangat lagi. Jika anda ingin beasiswa S2 perusahaan, maka anda harus lebih giat bekerja untuk mencapai prestasi tersebut.

Melihat pernyataan di atas, terbukti bahwa mengingat kembali tujuan dan cita – cita cukup ampuh untuk menumbuhkan semangat bekerja. Tentunya anda tidak ingin mimpi anda hilang begitu saja karena rasa malas bukan?

Luruskan niat

Bekerja adalah bagian dari ibadah. Niat kita bekerja adalah untuk mencari rezeki halal bagi keluarga di rumah. Anda tidak bekerja untuk atasan, rekan, atau yang lain, melainkan untuk keluarga dan semata – mata karena Allah SWT. Dengan mengingat hal tersebut, kemungkinan besar semangat kerja anda akan kembali penuh karena merasa diawasi oleh-Nya.

Bersyukur

Jika semangat kerja anda tiba – tiba menurun. Coba anda diam sejenak dan merenung. Lihatlah mereka yang masih berlari – lari melamar pekerjaan di sana sini. Masih sibuk menulis CV atau surat lamaran hanya demi mendapatkan satu posisi dalam suatu perusahaan.

Melihat hal itu, anda patut bersyukur karena sudah mendapatkan pekerjaan dan bisa dibilang satu level diatas mereka.

Anda juga harus bersyukur karena gaji bulanan sudah terjamin dan mendapatkan pandangan yang baik di mata masyarakat. Untuk menyatakan rasa syukur tersebut, anda juga harus selalu semangat dalam bekerja.

Berdo’a sebelum memulai pekerjaan

Tak bisa dipungkiri, rasa malas yang menghinggapi diri anda bisa datang dari bisikan – bisikan setan yang ingin ibadah (pekerjaan) anda terganggu.

Untuk menangkal hal tersebut, sebaiknya lakukan do’a sejenak sebelum bekerja. Dengan begini, Allah akan melindungi anda dari segala goda’an dan senantiasa melancarkan segala urusan.

Hormati diri

Menghormati diri disini adalah menjaga diri dari pandangan – pandangan buruk orang lain. Bayangkan saja, jika anda malas, maka atasan akan menegur anda karena produktivitas menurun atau banyak pekerjaan yang tidak sesuai.

Dengan begini, rekan dan masyarakat akan memandang anda dengan sedikit buruk. Tentu anda tak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itu, hormatilah diri anda dengan selalu mengerjakan sesuatu dengan penuh semangat.

Pasang slogan dan kata motivasi di ruang kerja

Cara ini juga cukup ampuh untuk membangkitkan semangat kerja anda. Cukup tempelkan beberapa kata motivasi di tembok atau pun bagian atas monitor anda.

Setiap kali rasa malas itu muncul, liriklah kata – kata tersebut. Niscaya perlahan semangat anda akan kembali memuncak.

Atau jika anda memiliki mimpi seperti ingin melanjutkan studi ke luar negeri, anda bisa memasang foto landmark negara tujuan anda. Dengan begini, dijamin semangat anda akan terus berlipat ganda setiap kali melakukan berbagai pekerjaan.

Ingat kalau anda bagian dari Tim

Bekerja di perusahaan bukanlah tentang diri sendiri, tapi tentang keberhasilan tim, keberhasilan bersama. Jika anda malas, maka tim anda juga akan hancur.

Alhasil citra anda dan tim akan buruk di mata atasan. Untuk itu, anda perlu menjaga motivasi kerja tetap tinggi agar anda dan tim dapat bekerja secara maksimal dan tetap produktif.

Sadari apa yang merusak motivasi kerja anda

Cara terakhir untuk membangkitkan semangat kerja anda adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan anda malas bekerja.

Setelah anda mengetahui dan menyadarinya, berusahalah menyingkirkan hal tersebut dari pikiran anda. Jangan pernah pikirkan hal negatif tentang pekerjaan anda.

Nah di atas adalah 8 tips meningkatkan motivasi kerja yang bisa anda coba, di saat anda mengalami keterpurukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here