Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba

memulai usaha franchise, tips memilih waralaba yang baik, kriteria memilih waralaba yang tepat, cara yang benar membeli waralaba, langkah langkah memilih franchise yang benar, cara membuat franchise sendiri, kelemahan waralaba modal awal usaha franchiseBagi pebisnis pemula, memilih bisnis waralaba mungkin merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

Selain sudah memiliki merk dagang yang dikenal oleh masyarakat, pemilik utama bisnis waralaba juga akan dengan senang hati membimbing para mitranya dalam rangka menjaga kualitas bisnisnya.

Sayangnya, bisnis waralaba terkesan membutuhkan modal yang besar yang hanya sedikit orang yang bisa melakukannya.

Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab ada juga waralaba yang bisa di jalankan hanya dengan modal yang minim.

Walau begitu, pastinya kita tidak boleh asal memilih, pastikan melakukan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan pilihan.

Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

1. Lakukan Riset Terkait Permintaan Pasar

Untuk memastikan modal yang Anda keluarkan benar-benar terutilisasi dengan maksimal dan tidak berakhir dengan kegagalan, Anda harus melakukan riset mendalam dan menyeluruh mengenai jenis bisnis waralaba apa yang paling diminati oleh pasar. Yang paling mudah tentu adalah bisnis waralaba makanan, karena pada dasarnya semua orang butuh makan. Tetapi, Anda juga harus jeli memilih jenis makanan apa yang akan Anda jual.

Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan lokasi berjualan Anda dalam memilih jenis bisnis waralaba yang akan Anda jalankan. Jika lokasinya di dekat sekolah, bisnis makanan dan minuman ringan seperti jamur crispy dan jus buah adalah pilihan tepat. Sementara jika lokasinya dekat dengan areal perumahan tempat tinggal para karyawan yang sibuk dan tidak sempat memasak, menjual lauk pauk seperti ayam goreng atau ayam bakar akan membuat Anda kebanjiran pelanggan.

2. Pilih Jenis Usaha yang Sesuai dengan Minat Anda

Bisa menghasilkan uang dengan melakukan hal yang disukai merupakan impian bagi banyak orang. Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan hal ini karena Anda memiliki kebebasan untuk memilih bisnis apa yang Anda sukai. Meskipun bisnis yang akan Anda jalankan adalah bisnis waralaba dengan modal kecil, bukan berarti Anda tidak bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda.

Misalnya, Anda adalah penggemar kopi; maka jika Anda menjalankan bisnis waralaba minuman kopi, maka dengan sendirinya Anda akan memiliki semangat untuk mencari tahu segala hal yang terkait dengan produk yang Anda jual. Anda juga akan dengan senang hati member rekomendasi dan konsultasi kepada pelanggan Anda mengenai jenis kopi yang sesuai dengan selera masing-masing. Menyenangkan, bukan?

3. Sesuaikan Bisnis Waralaba dengan Kemampuan Permodalan Anda

Ada banyak pilihan paket bisnis waralaba yang terjangkau, namun tetap Anda harus mempertimbangkan kemampuan permodalan Anda. Jumlah modal kecil bersifat relatif bagi masing-masing orang; kecil bagi orang lain belum tentu kecil bagi Anda, begitu juga sebaliknya. Karenanya, pastikan Anda tidak akan kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena menggunakan seluruh uang Anda untuk membuka bisnis waralaba.

4. Berikan Layanan Optimal kepada Pelanggan

Anda sudah yakin dengan pilihan bisnis waralaba yang akan Anda ambil dan sesuai dengan kemampuan permodalan Anda, tetapi merasa khawatir kalah bersaing dengan usaha sejenis yang modalnya lebih besar? Tidak perlu berkecil hati, karena pada dasarnya kunci dari loyalitas pelanggan adalah layanan yang memberikan kepuasan.

Jika Anda dapat memastikan produk yang Anda jual terjaga kualitasnya dan pelayanan yang Anda berikan selalu optimal, maka yakinlah bahwa pelanggan Anda tidak akan ragu untuk kembali dan membeli produk yang Anda jual.

Bagaimana, tips cerdas di atas cukup membantu, bukan? Kini Anda tidak perlu takut memulai bisnis waralaba, karena dengan modal kecil pun Anda bisa meraih kesuksesan. Selamat berbisnis!