Home Manajemen Bisnis Tips Menjaga Loyalitas Karyawan Agar Betah Bekerja

Tips Menjaga Loyalitas Karyawan Agar Betah Bekerja

0
42
Cara mempertahankan karyawan agar betah kerja di perusahaan anda
Cara mempertahankan karyawan agar betah kerja di perusahaan anda

Karyawan merupakan salah satu bagian penting dalam suatu perusahaan. Bahkan keberadaannya bisa di bilang merupakan suatu aset yang wajib di jaga dan di kembangkan agar lebih berkontribusi buat perusahaan. Namun sayangnya, adakalanya kita kesulitan membuat seorang karyawan betah bekerja di perusahaan kita.

Cara mempertahankan karyawan agar betah kerja di perusahaan anda

Nah, jika itu yang terjadi, ada baiknya silahkan baca dan terapkan tips yang kami berikan di bawah ini.

1. Pastikan Kualitas Tempat Kerja yang Baik

Kualitas sarana wirausaha yang baik akan membuat karyawan anda merasa nyaman untuk bekerja. Memberi kualitas tempat kerja juga mampu membuat karyawan anda terasa dimanjakan sehingga karyawan anda akan lebih memilih untuk menetap bekerja dalam perusahaan anda.

Memberi pelayanan tempat kerja yang baik tak selalu dengan sesuatu yang mewah, bisa juga dengan memastikan tempat kerja perusahaan anda bersih.

2. Menjadi Pengatur Perusahaan yang Baik

Titik utama dari perusahaan yang baik adalah bagaimana cara perusahaan tersebut dikelola. Dalam artian, seorang manajer yang baik akan menjadi contoh bagi karyawan-karyawan untuk menjadi pekerja yang baik.

Jika seorang karyawan sudah terpacu akan manajer yang baik, maka karyawan akan lebih betah untuk bekerja.

Berbeda dengan manajer yang tidak disiplin dan tidak menampilkan performanya sebagai manajer, karyawan akan menganggap tempat kerjanya tidak nyaman dan memutuskan untuk mencari tempat kerja lain dikarenakan ketidakdisiplinan manajernya dalam membangun dan mengelola perusahaannya.

3. Memberi Bonus Finansial yang Khusus Untuk Karyawan

Karyawan akan tetap berada dalam perusahaan anda karena finansial yang anda berikan mencukupi akan apa yang karyawan kerjakan.

Akan tetapi, gaji yang monoton akan membuat karyawan anda disepelekan dan menimbulkan protes ketidaknyamanan kerja.

Maka dari itu, sebelum timbul konflik penaikan gaji pastikan anda memberi bonus gaji kepada karyawan anda agar karyawan merasa istimewa dan akan tetap setia bekerja dengan anda.

Bonus yang anda berikan tidak hanya berupa bentuk uang, namun bisa juga dengan barang yang berguna.

4. Menetapkan Program Kerja “Karyawan Terbaik Bulanan”

Membuat program karyawan terbaik setiap bulannya juga dapat menjadi sarana kebetahan kerja karyawan-karyawan anda.

Dengan demikian karyawan anda akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam melakukan pekerjaannya. Apalagi jika anda selaku manajer memberi bonus gaji kepada karyawan terbaik bulanan, maka karyawan anda akan lebih betah bekerja pada perusahaan anda.

Belum lagi jika setiap karyawan anda mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menjadi karyawan terbaik, hasil dari perusahaan anda akan berkembang maksimal. Ide ini akan membuat kedua belah pihak merasa diuntungkan.

5. Lakukan Survei Setiap Kalinya

Survei yang dilakukan secara rutin dapat menjadi tolak ukur anda dalam menentukan kekurangan pelayanan yang anda berikan kepada karyawan. Teliti apa saja yang menjadi keluhan karyawan-karyawan.

Dari keluhan tersebut anda dapat menemukan resolusi untuk mengimprovisasi apa saja yang belum tercantum dalam pelayanan karyawan yang telah anda berikan kepada karyawan.

Jika dalam survei yang anda berikan tidak ada lagi keluhan-keluhan yang dikeluarkan karyawan, maka dapat dipastikan karyawan merasa nyaman bekerja di perusahaan anda dan memutuskan untuk menetap bekerja pada anda.

6. Lakukan Evaluasi Kerja Tiap-tiap Karyawan Anda

Mengevaluasi karyawan anda dapat memberi anda wawasan khusus terhadap karyawan. Anda dapat dengan mudah menemukan karyawan mana yang harus berpindah tugas maupun karyawan mana yang harusnya naik jabatan.

Evaluasi juga dapat menimbulkan persepsi baik dari karyawan terhadap manajer karena karyawan merasa mendapat perhatian penuh dari manajernya.

Selain persepsi baik, dengan menaikkan jabatan suatu karyawan, maka karyawan akan lebih betah dalam bekerja dan akan terus bekerja dengan anda karena karyawan tersebut merasa dianggap sebagai partner kerja bagi anda, tidak hanya bawahan saja.

Itulah ke enam trik yang dapat anda coba untuk mempertahankan karyawan agar betah bekerja di perusahaan yang anda pimpin. Semoga bermanfaat.

Please rate this

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here