Peluang Usaha Peternakan Yang Menggiurkan

bisnis peluang usaha ternak yang menjanjikan dalam waktu singkat dengan modal kecil, ternak kambing, ternak lovebird, ternak lele, ternak bebek, ternak sapi, ternak kelinci

Menjalankan usaha di bidang peternakan memang cukup menjanjikan. Yang terpenting di dalam bisnis ini Anda mempunyai pengetahuan yang memadai dalam pemeliharaan serta alur pemasarannya.

Sebagai peternak juga harus mampu berinovasi. Saat menjalankan usaha ini. tak menutup kemungkinan, hanya dalam jangka waktu relatif cepat, bisa saja modal usaha sudah dapat kembali.

Tergantung bagaimana anda mampu bersaingan di antara peternak-peternak lainnya dan menghasilkan hewan ternak yang unggul dibanding yang lainnya.

Jenis hewan ternak yang dapat dibudidayakan sangatlah beragam. Namun tidak semua memiliki pasar. Inilah beberapa usaha ternak yang menggiurkan untuk dijalankan.

Budidaya hewan ternak yang menguntungkan

1. Peternakan ayam

Ayam termasuk salah satu unggas yang digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Lihat saja bisnis yang mengunakan bahan utama ayam begitu menjamur. Jenis unggas yang satu ini pastilah sangat menguntungkan sekali untuk dibudidayakan. Daging, telur dan juga bulu, semuanya memiliki nilai jual. Untuk jenis ayam yang bagus untuk dijadikan usaha budidaya yaitu ayam petelor dan ayam kampung.

2. Peternakan bebek

Bebek hampir sama seperti ayam. Unggas satu ini juga gemar dikonsumsi oleh banyak orang. Selain itu untuk telurnya, selain bisa dijual mentah, bisa juga diolah kembali untuk dijadikan telor asin. Namun kekurangan dari unggas ini biasanya adalah bau yang di timbulkan dan sifat hewan yang mudah stres.

Jadi apabila anda ingin beternak bebek usahakan memiliki lahan yang agak jauh dari pemukiman warga. Apabila bebek mengalami stres, maka telur yang dihasilkan akan berukuran sangat kecil. Jadi pastinya akan merugikan anda sebagai peternak.

3. Peternakan ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Sehingga sangat menguntungkan sekali apabila dibudidayakan. Modal awal untuk pengembangan usaha ini juga tidak terlalu besar. Dalam jangka kurang lebih 3 bulan kita sudah dapat memanennya. Jadi kemungkinan untuk kembali modal sangat cepat.

4. Peternakan sapi

Bidang peternakan selanjutnya yang sangat menggiurkan untuk digeluti sebagai dunia bisnis adalah berternak sapi. Varian produk makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama juga semakin banyak. Selain daging, sapi juga dapat diambil susunya untuk dijadikan minuman yang menyehatkan.

Melihat dari itu semua, bisnis beternak sapi dapat dijadikan usaha yang berjangka panjang. Memang modal awal dari usaha ini cukup tinggi. Mengingat harga jual sapi juga cukup tinggi tentunya berimbas pada keuntungan yang didapatkan pastilah juga tinggi.

5. Peternakan kambing

Usaha yang bergelut dengan komoditi hewan ternak satu ini juga sangat pesat. Tentu saja hal itu berimbas pada bisnis peternakan kambing. Semakin besar kebutuhan masyrakat akan konsumsi daging kambing, semakin besar pula keutungan yang didapatkan para pebisnis peternakan kambing. Jadi, menjadikan usaha peternakan kambing sebagai salah satu tujuan bisnis merupakan pilihan yang tidak salah.

6. Peternakan kelinci

Peminat dari hewan kelinci yang imut ini bukan hanya untuk dikonsumsi. Tak jarang yang memelihara hewan ini hanya sebagai koleksi pribadi, layaknya anjing atau kucing. Jadi pangsa pasar dari budidaya hewan ini terbilang juga cukup luas.
Memutuskan menggeluti usaha budidaya hewan dengan mengacu pada jenis hewan ternak yang sering dikonsumsi masyarakat memberikan potensi yang besar untuk kesuksesan usaha pelaku bisnis ini. Bisnis dibidang peternakan memang menjanjikan keutungan yang relatif besar, selama peternak dapat menghasilkan hewan ternak yang berkuallitas maka dapat bersaing dipasaran.

Pos terkait