Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Bertempat tinggal di desa bukan berarti akan membatasi diri untuk tidak berkembang. Dengan pengetahuan dan keahlian, bertempat tinggal di desa justru bisa menciptakan beberapa peluang usaha yang bisa meningkatkan taraf hidup bahkan bisa menciptakan lowongan pekerjaan bagi penduduk desa setempat. Nah beberapa ide bisnis berikut bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan apabila dikerjakan di desa.

Ide Usaha di Kampung yang menjanjikan

Bertani

Bertani merupakan salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang sudah mempunyai lahan di desa, manfaatkan lahan tersebut untuk mulai berbisnis. Dalam bertani, tanamkan pola pikir dan juga teknologi yang modern. Karena sebagaimana kita ketahui, banyak sekali petani-petani dengan hasil tani yang tidak maksimal hanya karena masih menggunkan cara-cara serta teknologi trandisional.

Selain itu, perhatikan juga letak geografis lahan Anda, jangan memaksakan diri untuk menanan bibit yang tidak mendukung jika ditanam di lahan Anda.

Beternak

Ide usaha di desa yang menjanjikan selanjutnya adalah beternak. Di perdesaan tentunya banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat peternakan. Berbeda bila di kota yang sudah padat dengan pemukiman warga.

Selain itu lokasi di desa juga masih bisa dipilih semisal jauh dari pemukiman warga agar tidak mengganggu. Karena seperti kita ketahui bahwa tempat peternakan bisa menimbulkan polusi udara berupa bau dari kotoran hewan ternak.

Dari segi pemeliharaan, di desa juga sangat mendukung untuk berbisinis ternak, karena di desa masih banyak sekali rerumputan yang bisa gunakan sebagai pakan ternak.

Namun ingatlah juga, sama seperti bertani, beternak juga membutuhkan pola pikir yang modern. Sebagai contoh pakan ternak, tidak hanya mengandalkan rumput dan daun alami, namun Anda bisa juga memberinya pakan ternak yang sudah diolah dan sudah diberi vitamin tentunya pakan ternak yang sudah teruji, bersertifikat dan berstandart nasional.

Budidaya Ikan

Hampir sama dengan beternak, budidaya ikan juga bisa menjadi ide bisnis di desa yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan lahan untuk dijadikan kolam ikan, Anda bisa mulai untuk membuka usaha ini. Adapun jenis ikan yang paling menguntungkan adalah ikan lele dan ikan gurami. Kedua ikan ini banyak di konsumsi oleh masyarakat luas karena mengandung banyak protein serta baik untuk kesehatan kulit. Jadi prospek penjualannya pun akan lebih mudah dan cepat.

Membuka Loket Pembayaran

Ide usaha di desa yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan membuka loket pembayaran. Penduduk desa sering kali merasa kerepotan saat akan melakukan beberapa pembayaran dengan harus datang ke kota, seperti pembayaran tagihan listrik, pembayaran angsuran bulanan, pembelian pulsa listrik prabayar ataupun pembayaran asuransi kesehatan BPJS.

Dengan membuka loket pembayaran, tentunya akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena loket pembayaran sangat dibutuhkan oleh penduduk desa. Selain loket pembayaran, bisa juga dengan menambah layanan penyetoran dan penerimaan dana tunai. Karena pada umumnya akses bank di desa bisa dibilang cukup sulit.

Toko Kelontong

Membuka toko kelontong bisa menjadi ide usaha yang menguntungkan selanjutnya. Dengan membuka toko kelontong, anda akan mendapatkan keuntungan besar karena produk-produk yang Anda jual sangat dibutuhkan oleh banyak orang di desa.

Yang perlu Anda lakukan memang sedikit merepotkan, karena Anda harus datang ke kota untuk membeli semua kebutuhan sehari-sehari dan menjualnya kembali di toko Anda.

Nah beberapa ide usaha diatas bisa menjadi pilihan untuk berbisnis di desa yang menjanjikan. Namun di luar itu semua yang paling menjanjikan adalah ketika Anda selalu bekerja keras dan konsisten tinggi dalam menjalankan bisnis. Selamat mencoba.

Pos terkait