Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan

Menganalisa Peluang Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan

Saat ini usaha perikanan tidak lagi dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan usaha perikanan dapat banyak memberikan pendapatan bagi masyarakat. Ikan merupakan salah satu pendukung kebutuhan pangan yang kaya akan nutrisi.

Dan Ikan gurami menjadi salah satu jenis ikan yang berpotensi untuk dibudidayakan. Ikan gurami merupakan salah satu ikan populer yang sangat digemari masyarakat karena dagingnya yang enak dan tebal. Untuk menjalankan budidaya ikan gurami anda dapat menggunakan media kolam tanah, beton, maupun kolam terpal sebagai media untuk membudidayakan ikan gurami.

Bagi anda tertarik dalam bisnis pengembangan budidaya ikan gurami ini, berikut beberapa penjelasan yang membantu anda sebelum menjalani usaha ini.

Menganalisa Keuntungan Dan Kelebihan Budidaya Ikan Gurame 

Keuntungan dan kelebihan bisnis budidaya ikan gurami

  • Memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.
  • Ikan gurami memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari ikan tawar lainnya.
  • Biaya pakan ikan gurami jaun lebih murah.
  • Permintaan pasar akan ikan gurami yang tinggi.
  • Perawatan dan pemasaran nya yang sangat mudah.

Kekurangan dan hambatan bisnis budidaya ikan gurami

  • Proses pemanenan ikan relatif lebih lama dibandingkan dengan ikan lainnya
  • Terdapat potensi penyakit koreng dan kulit ikan

Tips  sukses budidaya ikan gurami

Budidaya ikan gurami memanglah tidak sulit dan keuntungan yang didapat akan sangat menjanjikan. Namun apabila tidak hati-hati, anda akan mengalami kegagalan saat sedang menjalankan usaha ini. Penyebab kegagalan dapat dikarenakan settingan pada kolam yang tidak diperhatikan dengan benar, untuk pengusaha baru cenderung terburu-buru ingin hasil yang besar tanpa mempertimbangkan resiko yang ada, juga kurang matangnya informasi tentang cara budidaya ikan gurami yang benar.

Berikut penjelasan tentang bagaimana cara membudidayakan ikan gurami sehingga menghasilkan ikan gurami yang berkualitas:

  1. Penentuan lokasi budidaya ikan

Untuk mendapatkan kualitas ikan gurami yang optimal dan cepat besar, maka yang perlu diperhatikan pertama kali adalah lokasi yang tepat dalam pembuatan kolam. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah kolam agar dapat menjadi tempat budidaya ikan gurami, seperti:

  • Lokasi kolam harus berada pada dataran rendah dengan ketinggian 20-400 mdpl.
  • Kuantitas dan kualitas air kolam mencukupi. Kualitas air kolam yang dibutuhkan adalah air yang tenang, bersih, dasar air kolam tidak berlumpur,tidak tercemar bahan kimia beracun dan limbah.
  • pH air berada pada kisaran 6,5-8.
  • Tanah tidak berporos dan cukup mengandung humus. Tanah yang tidak berporos dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor.
  • Kemiringan tanah 3-5 % untuk memudahkan pengairan kolam
  • Temperatur kolam pada suhu 25-30 derajat celcius.
  • Kandungan oksigen dalam > 2ppm

Yang paling penting adalah lokasi ikan gurami mendapat sinar matahari langsung yang cukup. Dengan pemilihan lokasi yang sesuai dengan habitat asli gurami, hal ini akan mengoptimalkan pembudidayaan ikan gurami

  1. Memilih ukuran benih yang sehat

Ukuran benih ikan gurami yang sehat adalah dengan berat sekitar 100 gram atau kira-kira berumur lebih dari setahun. Dengan memilih ukuran benih yang pas, anda akan lebih cepat memanen ikan dengan kisaran berat 500 gram. Selain itu, lebih baik bila benih ikan gurami didapatkan dari lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi pembudidayaan ikan sehingga ikan gurami tidak perlu beradaptasi lama.

  1. Pakan dan protein nabati untuk ikan gurami

Pakan ikan gurami yang baik adalah yang mengandung unsur protein hewani atau protein nabati. Sehingga sangat direkomendasikan untuk mencampurkan keduanya. Kandungan protein hewani sendiri menjadi faktor yang mempercepat pertumbuhan ikan gurami.

  1. Pengeringan kolam

Agar ikan-ikan gurami yang anda budidayakan terhindar dari penyakit sebaiknya lakukan anda melakukan pengeringan kolam selama 10-14 hari sebelum memulai penebaran benih dan berilah kapur sebanyak 100-200 gram per meter persegi.

Sebaiknya merendam peralatan pembudidayaan ikan gurami dengan menggunakan larutan kaporit. Bila anda menemukan ikan gurami yang terserang jamur, lebih baik pisahkan segera dan direndam dalam larutan garam dapur sekitar 20 mg per liter selama sejam.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan serta tips agar sukses membudidayakan ikan gurami di atas, tak ada salahnya jika anda mencoba menjalankan usaha tersebut, kuatkan niat anda dan jangan gampang menyerah.