Peluang Bisnis Menguntungkan Hanya bermodal Bahan Bekas

Peluang Bisnis Menguntungkan Hanya dengan memanfaatkan bermodal Bahan Bekas

Apa yang terlintas dalam pikiran kita tentang barang bekas?

Pasti sebuah barang yang nilai fungsinya menurun dan hampir semua barang bekas akan dibuang.

Namun di tangan-tangan orang kreatif, barang bekas akan menjadi sebuah karya yang mempunyai nilai jual tinggi, bahkan bisa menembus pasar internasional.

Nah berikut ini beberapa ide peluang bisnis dari bahan bekas, yang bisa anda pertimbangkan.

1. Tempat Pensil dari Botol Bekas

Pensil ada sebuah benda yang sering menghilang karena memang bentuknya yang kecil. Untuk itu menyediakan tempat pensil adalah salah satu solusi agar lebih mudah menemukannya.
Dari sebuah botol plastik yang tidak terpakai bisa disulap menjadi tempat pensil yang unik. Caranya cukup mudah, siapkan botol bekas dan beberapa pernak pernik untuk hiasan. Kreasikan beberapa pernak pernik tersebut untuk ditempelkan pada botol bekas. Dengan sedikit kreatifitas, Anda akan bisa menciptakan tempat pensil unik hanya berbahan dasar botol bekas.
Untuk pemasaran tempat pensil ini juga cukup mudah. Target pasarnya adalah para anak sekolah, mahasiswa ataupun pegawai kantoran. Pasarkan produk Anda dengan menjualnya di sekitar sekolah atau kampus. Bisa juga dipasarkan melalui media online.

2. Bingkai dari Kardus dan Koran Bekas

Peluang bisnis dari bahan bekas selanjutnya adalah bingkai. Dengan berbahan barang bekas seperti kardus dan koran, Anda bisa menyulapnya menjadi bingkai yang cantik. Alat yang dibutkan juga sangat sederhana seperti gunting, pensil dan lem kertas.

Kreasikan koran bekas untuk dijadikan bingkai cantik seperti digulung dan dilem berjajar rapi. Lakukan finishing dengan mewarnanya atau melapisi dengan lem khusus, agar bingkai menjadi tahan lama dan tidak mudah rusak. Modal yang dikeluarkan untuk membuat bingkai ini sangatlah murah, bahkan beberapa bisa Anda dapatkan dengan cara gratis.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengolah kreatifitas dan tetap tekun dalam menjalankan bisnis ini. Untuk memasarkan produk ini bisa menggunkan media online seperti situs toko online yang gratis atau bisa juga Anda jual di toko-toko yang sudah mempunyai pelanggan banyak. Jika produk Anda unik, dipastikan akan dapat bersaing dengan produk lainnya yang sama.

3. Taplak Meja dari Kain Perca

Kain perca seringkali dibuang begitu saja. Padahal kain perca bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis dengan omzet yang mencapai jutaan rupiah setiap bulannya. Berbahan dasar barang bekas seperti kain perca ini, Anda bisa menciptakan peluang usaha dengan membuat taplak meja yang unik.

Untuk kain perca ini bisa Anda dapatkan dengan murah bahkan bisa jadi gratis dari penjahit- penjahit sekitar lokasi Anda. Manfaatkan kreatifitas dan berikan sedikit nilai tambah pada taplak meja buatan Anda. Dengan nilai tambah, pastinya produk Anda akan bisa bersaing dengan produk lainnya.
Cara pemasaran taplak meja ini juga cukup mudah dengan target pasar para ibu-ibu rumah tangga. Anda bisa memasarkan melalui forum-forum ibu rumah tangga seperti arisan, perkumpulan ibu-ibu PKK maupun pemasaran melalui media online.

4. Tas Jinjing dari Bungkus Plastik

Peluang usaha dari bahan bekas selanjutnya adalah sebuah tas jinjing dari bahan bungkus plastik. Daripada dibuang, bungkus plastik bekas seperti bungkus kopi, bungkus sabun ataupun bungkus minyak goreng bisa dimanfaatkan untuk menjadi tas jinjing yang cantik.

Caranya sangat mudah, pertama cuci bersih bungkus plastik tersebut untuk menghindari bau yang tidak sedap. Kemudian potong menjadi bagian-bagian yang memanjang dan lakukan anyaman dengan rapi. Untuk finishing lakukan jahitan pada tepi tas agar menjadi lebih rapi, kuat dan tentunya tahan lama.

Beberapa ide diatas bisa Anda manfaatkan untuk menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kuncinya hanyalah ketekunan, kerja keras dan konsisten. Dan jangan lupa berikan nilai tambah pada produk Anda agar bisa bersaing dengan produk kompetitor. Selamat mencoba.

Pos terkait