Menulis Artikel yang Human Friendly

Artikel dengan patokan dan target seo terkadang justru membuat pembuat artikel terjerumus dalam sebuah aturan tanpa memperhatikan sisi natural artikel yang di buatnya.

Akibatnya artikel mereka memang banyak dikunjungi namun juga mudah ditinggalkan pembaca dalam kurun waktu sekejap.

Oleh karena itu, sangat di sarankan, selain menerapkan tehnik seo, anda juga wajib menulis dengan konseo human friendly, atau menulis artikel yang enak di baca, dan mudah di pahami pembaca. Dengan begitu di harapkan pembaca bisa betah mengunjungi blog anda dan tidak menutup kemungkinan dia akan jadi pengunjung setia.

Tips Menulis Artikel yang Human Friendly

1. Menggunakan Judul yang Human Friendly

Judul artikel tentunya harus mencerminkan isi artikel yang anda tulis. Oleh karena itu menggunakan judul yang human friendly disini maksudnya adalah menggunakan judul yang sesuai dengan isi artikel anda dan tidak menimbulkan multi tafsir. Jadi jangan sampai judul artikel anda begitu memukau dan membuat pembaca penasaran namun isi artikel yang anda tulis tidak dapat menunjang bobot dan kualitas judul tersebut.

2. Melengkapi artikel dengan gambar

Sebuah artikel yang dilengkapi dengan gambar cerminan isi artikel tentunya terkesan lebih menarik dibanding artikel yang hanya polosan kata-kata tanpa disertai gambar bukan? Oleh karena itu ketika anda sudah selesai menulis artikel, anda dapat mencari gambar yang dapat mewakili artikel yang anda buat untuk dapat anda posting nantinya di web anda.

3. Menyedot perhatian pembaca lewat paragraf pertama

Paragraf pertama dalam sebuah artikel memiliki andil yang besar dalam menyedot perhatian pembaca. Paragraf pertama artikel merupakan objek pertama yang akan dilihat pembaca setelah mengklik judul artikel anda. Oleh karena itu genggamlah daya tarik pembaca dengan cara menulis paragraf pertama yang benar yakni sebuah paragraf yang mampu mengantarkan pembaca pada isi artikel yang anda buat.

4. Memperhatikan keseimbang jumlah karakter/kata tiap paragraf

Artikel yang memiliki keseimbang jumlah karakter/kata di tiap paragrafnya tentunya bisa lebih diterima pembaca di banding artikel yang memiliki kapasitas terlalu padat dan tidak seimbang di tiap paragrafnya. Meski sebenarnya tidak ada aturan baku jumlah kata/ karakter tiap paragraf, namun idealnya gunakan maksimal 4 sampai 5 baris per paragrafnya

5. Menggunakan sub-judul

Selain beberapa tips di atas, tips lainnya yaitu dengan menyisipkan sub judul. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam memahami peta konsep atau gambaran sistimatis artikel yang anda buat. Dengan sajian sub judul tersebut, pembaca dapat mengetahui apakah artikel yang anda buat adalah yang dicari oleh pembaca atau tidak.

Jika jawabannya tidak, maka cara ini juga masih memiliki manfaat lain yaitu untuk menginformasikan pembaca terhadap hal baru seputar apa yang ia cari melalui artikel anda. Bukan tidak mungkin, pembaca akan mengingat hal tersebut dan mencarinya kembali di web anda suatu saat ketika ia sedang membutuhkan informasi tersebut.

6. Pemilihan bahasa yang human friendly

Ketika sedang menulis sebuah artikel, maka posisikanlah anda sebagai seorang yang berbicara kepada orang lain. Jadi bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang dapat memahamkan orang yang anda ajak bicara, dalam hal ini adalah pembaca.

Jangan sampai ketika anda membaca ulang artikel anda, anda mendapati diri anda tidak bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan tulisan anda. Jika anda sendiri saja tidak paham tulisan anda maka bagaimana dengan pembaca?

7. Memperhatikan tampilan publish artikel

Point lain yang tidak kalah pentingnya dalam mempublish artikel anda adalah tampilan artikel. Perhatikanlah seni publish artikel yang berkaitan dengan ukuran font, warna font, template artikel, gambar artikel maupun sajian iklan dalam artikel. Usahakan semuanya tampak serasi dan tidak tumpang tindih sehingga tidak menyulitkan pembaca untuk membaca artikel anda.

Nah itu tadi adalah beberapa hal seputar tips menulis artikel yang human friendly. Anda dapat menerapkan langkah di atas untuk membuat pembaca betah nongkrong lama di web anda, bahkan cenderung penasaran untuk membaca ulasan terbaru dari artikel yang anda buat. Jika beberapa hal di atas sudah anda kuasai, anda dapat melengkapi daya tarik artikel anda dengan mencoba menerapkan konsep SEO secara natural dalam artikel yang anda buat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Pos terkait