Akan ada banyak hal yang Anda peroleh dengan bergabung ke komunitas ibu hamil popmama.com. Diantaranya adalah Anda akan mendapatkan banyak informasi yang bahkan tidak bisa ANda peroleh di media internet ataupun buku. Misalnya terkait dengan pengalaman saat hamil dan apa yang dirasakan.

Sebagai media untuk berbagai informasi dan edukasi, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat hamil untuk yang pertama kali, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tahu Apakah itu Benar-Benar Hamil atau Tidak

Setiap orang yang mengetahui jika pasangannya menunjukkan tanda-tanda hamil pasti ingin jika kehamilan tersebut benar-benar terjadi. Namun, bisa saja tanda-tanda seperti mual dan pusing merupakan tanda jika kesehatan Anda sedang terganggu. Karena hal tersebutlah butuh tes lanjutan seperti pengetesan urin dengan menggunakan testpack. Atau bisa langsung dilakukan pengetesan ke dokter.

2. Konsultasi Rutin

Hampir semua ibu hamil anak pertama, pasti ingin tahu bagaimana perkembangan anaknya. Apakah anaknya baik-baik saja atau tidak. namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan setiap saat. Akan ada jadwal untuk konsultasi rutin ke dokter biasanya bisa beberapa minggu sekali. Namun dengan bergabung ke komunitas ibu hamil popmama.com, Anda akan lebih bisa menanyakan apa yang Anda rasakan.

Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh ibu lain yang sudah pernah merasakan apa yang Anda rasakan. Misalnya mengapa selama hamil badan terasa lebih gatal dan panas dan cara untuk mengatasi hal tersebut.

3. Menerima Vaksinasi

Vaksinasi sendiri memiliki tujuan untuk melindungi ibu dan janin dari hal yang bisa mempengaruhi kesehatan keduanya. Kesehatan selama bayi masih dalam kandungan akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak saat dilahirkan nantinya.

Ada beberapa jenis vaksin yang akan diberikan ketika Anda hamil. Diantaranya adalah vaksin tetanus, influenza dengan bakteri tidak aktif, vaksin hepatitis B dan juga vaksin difteri dan pertussis.

4. Untuk Memantau Perubahan yang Terjadi

Dengan bergabung ke komunitas, Anda juga akan bisa memantau perubahan dalam diri Anda sendiri. Misalnya merasakan apa yang terjadi saat Anda hamil dan kemudian bisa mengkonsultasikan hal tersebut sehingga tahu, apa yang sedang terjadi. Contohnya adalah, saat Anda hamil, Anda mengalami flek yang berwarna coklat ataupun merah. Dari kondisi tersebut, bisa Anda tanyakan ke dokter apakah Anda baik-baik saja atau ada anjuran lainnya.

5. Mengetahui ‘Kewajaran’ Selama Hamil

Bagi Anda yang baru pertama kali hamil, akan ada hal yang tidak bisa Anda duga sebelumnya. Bisa saja Anda menikmati hal tersebut, namun bukan tidak mungkin jika Anda harus bedrest karena tubuh yang tidak kuat dan kurang memperoleh asupan nutrisi karena Anda mengalami morning sickness.

Ada banyak hal yang baru seperti bagaimana cara untuk duduk yang tepat agar Anda tidak merasa sesak terutama jika kehamilan sudah masuk trimester akhir. Bagaimana cara berdiri yang tepat agar punggung Anda tidak sakit. Atau bisa saja mengetahui cara untuk memperlancar saluran pencernaan agar tidak sembelit ataupun cara agar tidak muntah.

6. Aktivitas Sehari-Hari

Walaupun Anda dalam kondisi hamil, namun bukan berarti Anda harus berdiam diri kecuali untuk kondisi tertentu dimana Anda harus bed rest. Akan tetapi, jika Anda tidak bergerak atau hanya duduk dan tidak melakukan aktivitas seperti jalan-jalan, hal tersebut justru akan membuat punggung Anda sakit. Bahkan dapat berpengaruh pada kelancaran Anda saat proses melahirkan yang akan lebih lama dibandingkan orang yang banyak gerak.

Dari keenam poin di atas, semuanya akan dibahas di komunitas ibu hamil Popmama.com. Jadi, selain mendapatkan teman baru, para ibu juga akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Selamat bergabung dan mendapat pengetahuan baru ya Moms!

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here