Kiat Sukses Memilih Usaha Waralaba Untuk Pemula

Franchise atau bisnis waralaba kini sudah semakin berkembang di Indonesia. Khususnya bagi mereka yang ingin menambah penghasilan dan berinvestasi.

Banyak usaha waralaba yang bisa dijalani, mulai dari cafe, mini market, salon, restoran, investor, serta usaha kuliner.

Usaha franchise ini juga dinilai sangat simpel karena kita tidak perlu memikirkan tentang hal yang harus disiapkan ketika memulai usaha, karena semuanya sudah disediakan oleh franchisor.

Namun sebelum anda terjun ke dunia usaha waralaba, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kiat – kiat sukses memilih usaha waralaba. Berikut kami bagikan informasinya

Kiat sukses memilih usaha waralaba untuk pemula

1. Tentukan minat dan passion

Bidang usaha di negeri ini ada banyak sekali. Tentunya anda tidak mungkin menjalaninya satu persatu. Oleh karena itu, anda harus menentukan minat dan passion yang sesuai dengan kesukaan atau hobi anda. Pilih bidang usaha yang benar – benar anda minati dan kuasai.
Hal ini juga menentukan kesuksesan bisnis anda ke depannya. Percuma saja menjalankan usaha jika anda tidak menyukainya, cepat atau lambat usaha tersebut akan bangkrut.

2. Kenali sistem franchise dengan cermat

Bisnis franchise memiliki banyak jenis. Ada bisnis kuliner, cafe, restoran, salon, dan sebagainya. Ada yang dari dalam negri, ada juga yang berasal dari manca negara. Masing – masing franchise tersebut tentunya memiliki sistem masing – masing untuk melindungi brandnya agar reputasi mereka tetap terjaga.

Nah, sistem ini lah yang harus anda pelajarai betul-betul. Semakin ketat sistem yang digunakan, maka semakin baik franchise tersebut dan patut dijadikan pilihan. Selain sistem, anda juga perlu mempelajari sistem pembagian fee nya. Agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari, ada baiknya anda menanyakan secara detail terkait pembagian fee ini.

3. Persiapkan modal

Jika sudah menentukan bidang apa yang akan dijalani dan memiliki pilihan franchise untuk kerja sama, kini saatnya anda mempersiapkan modal untuk bisnis anda ke depannya. Masing – masing franchise memiliki besaran modal yang berbeda – beda. Ada yang kecil dan ada pula yang besar. Namun besar kecilnya modal ini tidak bisa dijadikan ukuran untuk kesuksesan bisnis ke depannya. Semua tergantung kepandaian dan kerja keras anda.

4. Pastikan izin bisnis legal

Ini penting. Anda harus memastikan bisnis usaha yang akan dijalankan memiliki izin yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Jangan sampai anda salah memilih bisnis yang ternyata ilegal karena bisa terancam bangkrut jika suatu saat tersangkut kasus hukum.

5. Pilih lokasi strategis

Lokasi adalah hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memulai bisnis waralaba. Pikirkan, apakah anda perlu membeli tempat atau hanya sekedar menyewa. Anda juga bisa membuat riset kecil – kecilan dengan melakukan pengamatan pada target lokasi. Pastikan lokasi tersebut terdapat banyak calon konsumen.

Contoh, jika anda memutuskan untuk berbisnis kafe atau restoran. Sebaiknya pilih lokasi di tempat ramai seperti sekitar kampus, perkantoran, atau dekat pusat perbelanjaan. Selain itu, pertimbangkan faktor biaya. Jika anda belum mampu membeli tempat, anda bisa menyewanya terlebih dahulu.

6. Pertimbangkan resiko

Setiap franchise dan bisnis pasti memiliki resikonya masing – masing. Anda perlu mempertimbangkan resiko yang akan dihadapi agar bisnis yang dijalani ke depannya berjalan lancar. Jangan jadikan resiko sebagai hambatan, jadikan resiko sebagai tantangan yang akan dihadapi untuk menuju kesuksesan.
Demikian 6 kiat memilih usaha waralaba untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Pos terkait