Sejak resign dari perusahaan di tahun 2016, saya akhirnya memutuskan dan melabeli diri sebagai Digital Marketer. Hampir semua profil akun di sosial media saya edit dan ganti profesinya menjadi Digital Marketer.

Setiap menulis status di sosial media pasti berhubungan dengan Digital Marketing, Internet Marketing atau hal lain yang tentang dunia pemasaran online. Padahal saya sendiri bingung entah apa perbedaannya.

Sepertinya sangat mudah menjadi seorang Digital Marketer, padahal tidak lebih dari copy paste.

Niat awalnya memang bagus, menghadirkan semangat dan membangun personal branding sebagai seorang Digital Marketer walaupun masih dalam tahap pemula, istilah kerennya adalah newbie.

Sebagai newbie tentu masih sangat butuh yang namanya asupan ilmu yang banyak dari para mastah, maka yang saya lakukan adalah mencari forum atau group dimana mereka berkumpul.

Berbekal secuil pengetahuan tentang blogging saya pun memulai petualangan seru ini.

Namun dunia online kadang lebih kejam dari dunia nyata, apalagi jika kita tak cukup ilmu untuk memfilter mana yang hitam dan mana yang putih apalagi abu-abu.

Ibarat orang yang sedang sangat lapar, tentu apa yang dihidangkan pasti saya makan. Kenyang iya, tapi apakah nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh?

Demikian hal yang sering terjadi pada mereka yang baru mengenal dan memulai aktifitas di dunia Digital Marketing.

Semua ilmu saya terima, saya pelajari dan saya paksa untuk mempraktekkan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Maka apa yang terjadi setahun kemudian?

Banyak hal saya ketahui tentang Digital Marketing, tapi tak satupun yang saya kuasai. Secara teori tentu saya tahu, namun dari segi praktek tidak ada skill spesifik karena saya kehabisan waktu belajar banyak hal dan tak punya arah jelas mau jadi apa.

Bergabung atau Membuat Komunitas

Jago Jualan Gorontalo
Event Seminar Digital Marketing Oleh Komunitas Jago Jualan Gorontalo

Salah satu cara mempercepat tercapainya mimpi adalah dengan bersinergi. Dengan begitu kita bisa saling menopang, saling melengkapi dan pastinya punya power yang lebih besar.

Sampai suatu ketika saya putuskan untuk belajar langsung pada mereka yang berkecimpung dalam dunia Dunia Digital Marketing dan  membentuk komunitas.

Mulailah saya aktif di komunitas dan mencari teman Digital Marketing lokal untuk kemudian saya datangi dan ajak diskusi demi memelihara semangat yang mulai meredup.

Beberapa bulan berada dilingkungan orang-orang yang memiliki visi yang sama, akhirnya sama mulai menyadari bahwa interaksi di dunia nyata juga sangat perlu.

Ada hal yang tidak kita dapatkan di forum dan group online salah satunya ikatan emosional yang kuat.

Event Pembentukan Blogger Saronde
Event Pembentukan Blogger Saronde Gorontalo

Sampai suatu ketika seorang sahabat dan sekaligus guru, waktu itu cukup keras mengingatkan saya dengan kalimat yang membuat saya seperti ditampar.

too much information will kill you

yang kemudian dia mengartikannya terlalu banyak ilmu yang kau pelajari itu akan membunuhmu.

Kamu mau jadi apa? super hero?

Tanya dia seolah meledek saya.

Temukan Cara Belajar yang Benar

Sejak saat itu saya mulai merubah pola belajar menjadi lebih fokus dan spesifik ke salah satu hal saja.

Lebih tepatnya lagi, jika pola belajar saya sebelumnya adalah Just in Case (mempelajari segala hal) maka saya merubahnya menjadi Just in Time (belajar apa yang saya butuhkan).

Pola belajar Just in Case benar-benar menguras tenaga, membuyarkan konsentrasi, terlihat sibuk tapi tidak produktif, membuang waktu bahkan pada titik tertentu orang menjadi jenuh dan berhenti.

Dan benar, diawal mengenal Digital Marketing saya pelajari banyak hal. Mulai dari facebook/instagram ads, google ads, email marketing, SEO, Rebranding Produk, jadi affiliate, menjadi reseller, dropshiper, buat toko online, buat jasa pembuatan website dan masih banyak lagi.

Lalu apakah itu salah?

Tentu tidak, hanya cara dan waktunya kurang tepat.

Jadi seperti apa cara belajar yang tepat?

Keyakinan saya, bahwa segala sesuatu itu ada polanya. Gagal ada polanya demikian pula sukses ada polanya.

Maka salah satu cara meminimalisir kegagalan adalah belajar dari mereka yang sudah sukses dan mengikuti jejak jalan kesuksesan mereka. Termasuk dalam bagaimana cara mereka belajar.

Dan saya menemukan cara belajar tepat di dunia Digital Marketing itu adalah dengan mengusai sebuah skill apapun itu sampai benar-benar expert, lalu jadikan itu penghasilan utama untuk kemudian menjadi pijakan yang kuat.

Setelah itu barulah pelajari cabang keilmuan lainnya dan begitu seterusnya. Sehingga investasi belajar, waktu yang terkuras akan sebanding bahkan lebih dari apa yang kita dapatkan nanti.

Sampai disini saya sadar bahwa untuk menjadi seorang Digital Marketer tak cukup hanya dengan semangat dan sok Mastah dari hasil ebook gratisan.

Menjadi Web Developer dan SEO Specialist

Saya pun memutuskan mulai memperdalam ilmu blogging khususnya SEO yang saya pelajari sejak 2009. Bukan tanpa alasan, SEO dan dan Website itu adalah dua hal yang tak terpisahkan dan Niche-nya jelas.

Alasan berikutnya adalah karena itu hobi saya sejak dulu. Para Entrepreneur seringkali mengatakan; mulailah bisnismu dari hobimu.

Karena jika tidak, saat kamu akan segera mengakhirinya saat kamu mengalami kebuntuan.

Saya belajar ngeblog dan SEO sejak awal 2009, menikmati payout dari hasil iklan sebagai publisher. Namun sempat terhenti ketika menjadi karyawan, maka saya memilih untuk melanjutkan lagi dan memperdalam lagi.

Mulailah saya menyesuaikan dengan kebutuhan market seperti membuat wesbite bisnis, landing page dan optimasi toko online.

Dan, pertengahan tahun 2018 nama saya tercatat dalam deretan pemenang kontes SEO Nasional 2 kali berturut-turut.

Berikutnya mulai saya menerima job yang datang langsung melalui email dan kontak whatsapp.

Bahkan setiap kali ada acara lokal yang penyelenggaranya dari pusat, saya sering dihubungi sebagai perwakilan media online khususnya Blogger.

Seminar Google Bisnis For UKM Di Gorontalo
Seminar Google Bisnis For UKM

Akhirnya di 2018 saya dipinang oleh salah satu Perusahaan Advertising dan Web Development di daerah saya ( Gorontalo ) dengan sistem kerja remote alias tanpa harus ngantor.

Dari sini kemudian orang mulai mengenal siapa saya, dan diundang mengisi seminar dan workshop tentang website dan SEO

Di 2019 ini, saya kembali direkrut oleh sebuah perusahaan yang khusus membuat Produk-Produk Digital. Sistem kerjanya juga sama, cukup kerjakan dari rumah saja. Jadi Punya Lebih banyak waktu dengan keluarga.

Keputusan saya untuk mendalami website dan SEO mengantarkan saya pada titik ini. Walaupun belum seberapa bagi orang lain, namun paling tidak sudah membuktikan bahwa cara belajar yang saya terapkan benar-benar berhasil dan membawa dampak besar pada kehidupan saya.

Secara teknis saya sangat menikmati dunia website dan optimasi SEO. Walaupun latar belakang pendidikan saya bukan dari IT, namun bagi saya semua hal teknis bisa dipelajari , yang sulit adalah mencari pola dan memperbaiki mindset.

Untuk anda yang sedang membaca tulisan ini, tidak ada maksud saya untuk menjadikan diri ini sebagai orang paling faham.

Namun sangat bahagia bila saya bisa berbagi sedikit pengetahuan ini kepada anda yang punya kesamaan hobi atau sedang menjalani hal yang serupa.

Cara Menjadi Menjadi Web Developer

workshop pembuatan dan optimasi website di gorontalo
Workshop Pembuatan dan Optimasi Website di Gorontalo

Di era teknologi digital saat ini, akses untuk memenuhi kebutuhan sangat banyak dan cepat. Begitupun ketika anda putuskan ingin menjadi seorang Web Developer. Ada banyak pilihan yang bisa anda gunakan khususnya terkait hal teknis.

Tak perlu ilmu coding yang mampu menghabiskan kopi berpuluh gelas dan mengusik ketenangan tidur malam anda.

Saat ini anda bisa membuat website praktis dalam sekejap, asal tahu apa yang mesti dilakukan.

Untuk memulai langkah menjadi seorang berikut Web Developer ada beberapa yang harus anda siapkan.

Domain

Domain adalah nama url anda, dimana orang bisa mengakses website melalui nama tersebut. Contoh nama domain adalah domainanda.com

Saya pribadi, sebagian besar domain berada di DomaiNesia. Selain karena harganya sangat terjangkau, pelayanannya juga memuaskan.

Untuk pembayarannya berlaku setiap tahun dan bisa diperpanjang lagi.

Hosting

Hosting merupakan tempat menyimpan keseluruhan dari file website anda. Untuk masalah hosting anda harus ingat, jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Jujur saja, saya sudah banyak kali terjebak dengan promo seperti itu. Maka, untuk hosting pun saya sarankan anda untuk menggunakan https://www.domainesia.com/hosting/

CMS

CMS adalah singkatan dari content management system. CMS merupakan perangkat lunak atau system yang di instal di website anda. Jika di PC/Laptop anda mengenal Windows, Linux dan Mac OS maka di website pun ada yang demikian.

Saya sarankan anda menggunakan CSM WordPress. Saat ini WordPress menjadi Platform CMS yang paling banyak digunakan.

WordPress menawarkan kemudahan, sangat cocok untuk pemula. Selain WordPress sangat ramah SEO serta di dukung oleh ribuan plugin yang bisa anda gunakan secara gratis.

Themes

Seperti namanya, theme adalah template digunakan untuk website. Di wordpress ada sangat banyak template gratis yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Artikel

Belajarlah membuat artikel, atau tulisan yang tidak hanya enak dibaca oleh manusia namun juga baik secara dari segi struktur SEO.

Tulis konten yang bermanfaat, sambil memperhatikan teknik penulisan artikel yang sesuai kaidah SEO yang benar.

Share

Bagikan tulisan anda di sosial media. Tidak bisa dipungkiri, sosial media menjadi salah satu sumber trafik dan informasi yang makin hari grafiknya terus naik.

Maka, setiap kali menulis artikel biasakan untuk membagikannya di facebook, twitter atau media sosial anda lainnya.

Apakah hanya dengan cara menyiapkan dan melakukan hal diatas itu sudah bisa menjamin keberhasilan?

Tidak, anda akan melewati trial dan error, fluktuasi semangat bahkan tantangan internal yang kadang membuat anda ingin berhenti.

Sampai di titik ini, saya belum merasa sebagai orang yang sukses. Namun saya bahagia karena bisa membuktikan bahwa apa yang saya terima adalah apa yang saya usahakan.

Ambil manfaatnya, abaikan segala basa basinya.

Semoga Menginspirasi.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here