Ide Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa IT

Sejak bermunculan di sekitar tahun 2000-an, jurusan IT kini semakin menjadi primadona dan banyak di minati. Betapa tidak, lulusan IT banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di segala bidang, karena lini bisnis apapun pasti membutuhkan karyawan yang mahir di bidang IT.

Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata, saat masih kuliah pun banyak sekali peluang usaha yang bisa di jalankan oleh mahasiswa IT ini? Nah, apa sajakah itu? berikut informasinya.

1. Jasa Online Marketing

Di era serba digital seperti saat ini, kebanyakan orang sudah merasa tidak perlu mengeluarkan usaha berlebih keluar rumah untuk berbelanja. Apapun kebutuhannya bisa didapat dengan mencarinya secara online. Nah, ini peluang Anda untuk masuk ke dunia usaha. Dengan pengetahuan Anda sebagai mahasiswa IT, Anda dapat membuka usaha jasa online marketing ini.

Beberapa jenis layanan jasa yang bisa Anda tawarkan adalah marketing melalui social media atau search engine. Selain itu, Anda juga bisa menjadi buzzer di twitter untuk produk/jasa milik pelanggan Anda. Mudah dan tidak menyita waktu belajar Anda, bukan?

2. Jasa Pembuatan Website Toko Online

Seperti yang sudah disebutkan, dewasa ini semakin banyak orang yang memilih untuk berbelanja secara online. Karenanya, para pedagang barang dan jasa berlomba-lomba untuk membuat toko online ketimbang toko offline. Nah, Anda pun bisa meraup keuntungan lumayan dari hal ini.

Berbekal pengetahuan yang Anda dapatkan dari kampus sebagai mahasiswa IT, membuat website toko online tentu bukan sesuatu yang sulit untuk Anda. Anda bisa mendapatkan uang sejumlah ratusan sampai jutaan rupiah untuk sekali jasa pembuatan website took online tergantung tingkat kerumitannya. Lumayan, ya?

3. Bisnis Penjualan Electronic Book (e-Book)

Selain berbelanja secara online, masyarakat modern juga kini mulai beralih membaca e-book. Hal ini karena e-book lebih praktis ketimbang buku cetakan biasa; bayangkan, seseorang bisa membawa puluhan buku sekaligus dalam 1 gadget-nya!

Nah, jika Anda jeli, sambutlah peluang usaha ini. Cukup bermodalkan email atau aplikasi untuk mengakses e-book lainnya, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. Pemasarannya pun bisa dilakukan secara online sehingga tidak menyita banyak waktu.

4. Jasa Perbaikan Komputer/Laptop

Dengan meningkatnya pengguna komputer/laptop dari berbagai kalangan, tentu meningkat pula kemungkinan adanya kerusakan pada perangkat komputer/laptop yang dapat terjadi karena beberapa penyebab. Sebagai mahasiswa IT, tentu Anda memiliki pengetahuan yang cukup terkait software maupun hardware komputer/laptop tersebut, sehingga jika ada kerusakan, tentu Anda dapat dengan mudah mengatasinya, bukan?

Jangan lupa, saat memasarkan layanan jasa ini, tawarkanlah layanan tambahan bahwa Anda dapat dipanggil ke tempat tinggal atau bertemu di tempat yang diinginkan oleh calon pelanggan Anda yang ingin memperbaiki komputer/laptopnya; hal ini bisa menjadi poin tambahan untuk Anda.

5. Jasa Pembuatan Desain Grafis

Tidak bisa dipungkiri bahwa tampilan desain yang menarik atas suatu produk pasti menambah daya tarik dan nilai jual produk tersebut. Karenanya, banyak orang rela membayar mahal untuk jasa pembuatan desain grafis ini. Beberapa dari Anda selaku mahasiswa IT pasti ada yang memiliki kelebihan di bidang desain grafis ini; karenanya ini adalah kesempatan emas untuk Anda.

Selain memerlukan modal yang relatif kecil, jasa pembuatan desain grafis dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda mulai dari puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah. Hal ini karena pembuatan desain grafis memerlukan proses kreatif yang cukup menantang, sehingga dihargai cukup tinggi.

Bagaimana, ternyata ada banyak ya ide usaha yang bisa Anda lakukan selama menjadi mahasiswa IT? Selain menambah pengalaman dan kualitas diri, Anda bisa mendapatkan tambahan uang jajan pula. Selamat mencoba!

Pos terkait