Ide Peluang Usaha untuk Lulusan SMA

Selesai menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) tak jarang membuat sebagian orang bingung menentukan pilihan jenjang selanjutnya. Mungkin ada yang berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan universitas. Namun tak jarang ada juga yang tak seberuntung itu. Bahkan ada pula yang tak berniat untuk kuliah dengan berbagai alasan dan memutuskan untuk kerja.

Bagi Anda yang sedang bingung menentukan pekerjaan yang sesuai dengan skill dan ijazah yang dimiliki, menjadi pengusaha bisa jadi pilihan karir. Berikut peluang usaha untuk lulusan SMA yang kami rekomendasikan

1. Usaha Fotocopy

Mungkin sebagian orang menyangka harga selembar kertas yang di fotocopy hanya berkisar Rp 100. Namun tahu kah Anda, bisnis fotocopy ini cukup menjanjikan. Hampir setiap pengarsipan di Indonesia membutuhkan jasa fotocopy yang masih mengunakan media kertas. Meski menggandakan beberapa karya seperti buku merupakan pelangaran hak cipta, namun hingga kini masih banyak yang melakukan ini.

Pastinya Anda sering menemui usaha fotocopy di wilayah perkantoran, kampus, dan sekolah-sekolah. Jasa fotocopy banyak dibutuhkan kalangan perkantoran dan profesional. Jadi usaha fotocopy bisa memberikan peluang yang bagus dan sebagai alternatif usaha yang pas untuk di geluti oleh para lulusan SMA.

2. Kuliner

Bagi Anda yang lulusan tataboga ataua memiliki skill meramu makanan yang lezat. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan dengan mendirikan usaha kuliner. Tak dipungkiri saat ini bisnis kuliner menjamur dimana-mana. Banyak cafe hingga kedai kopi yang didirikan oleh anak-anak lulusan SMA. Dengan sntuhan kreativitas serta jelinya membaca peluang yang ada. Usaha kuliner cukup menjanjikan.

Bila tak memiliki modal banyak, mulailah dari yang kecil seperti menjual makanan ringan atau sebagainya. Tak di pungkiri modal memiliki pengaruh yang penting dalam mendirikan usaha. Bila hal ini menjadi kendala, cobalah memulai usaha kuliner melalui online yang tentu saja bisa jadi alternative menekan budget. Tentunya dengan online, Anda akan mengurangi budget modal dari segi penyewaan tempat. Cobalah padukan kreativitas menciptakan bereberapa kuliner unik dan anti-mainstream dengan kejelian membaca peluang di masyarakat. Jangan lupa untuk melakukan survei kecil-kecilan agar lebih mudah menentukan bisnis kuliner seperti apa yang cukup menjanjikan di wilayah Anda.

3. Jasa Desain

Usaha desain sedang menjamur di pasaran. Di zaman yang serba digital, rasanya bisnis desain grafis menjadi fenomena baru di dunia bisnis. Banyak perusahaan profesional hingga yang baru merintis membutuhkan jasa desain untuk memasarkan produk usahanya. Tak hanya perusahaan yang membutuhkan jasa ini, berbagai organisasi, partai, bahkan institusi pemerintahan juga memerlukan jasa desain grafis.

Membuka usaha dibidang jasa desain secara profesonal bisa mencakup fotografi, jasa membuatan logo, gambar, branding desian t-shirt sampai bidang percetakan seperti MMT hingga brosur. Anda bisa memanfaatkan skill Photoshop, Corel Draw, atau Adobe Ilustrator untuk memulai bisnis desain ini. Untuk pemula cobalah menjari job kecil-kecilan di internet. Mulai dari desain logo, brosur, t-shirt, sampai kebutuhan bahan presentasi Power Point bisa jadi peluang awal untuk masuk di bisnis desain ini. Setelah Anda terbiasa dengan pola kerjanya, cobalah membuka usaha yang lebih besar seperti percetakan atau advertising.

4. Fotografer dan Videografer untuk Wedding

Melihat peluang dokumentasi dibidang pesta pernikahan, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha yang menjanjikan. Memiliki keahlian dibidang fotografi serta videografi tentunya sayang untuk tidak dimanfaatkan secara maksimal. Hampir setiap tahun banyak pasangan yang menikah dan membutuhkan jasa fotografer dan videografer untuk mendokumentasiakan hari bahagianya dari pra hingga saat wedding berlangsung.

Memulai bisnis ini Anda bisa join bersama teman untuk melakukannya. Bila kendalanya adalah alat, Anda bisa menyewa atau meminjam teman yang memiliki kamera yang tentu saja dengan imbalan tertentu.

Pos terkait