Seperti yang kita ketahui, karyawan adalah sebuah aset bagi setiap perusahaan. Dan oleh karena itu, sudah  seharusnya sebagai pemimpin anda menjaganya dengan baik, dan berusaha agar mereka bisa berkontribusi secara maksimal.

Cara Tepat Meningkatkan Loyalitas dan Etos Kerja Karyawan

Nah, bagi anda para pemimpin atau pemilik sebuah perusahaan, berikut ini kami bagikan beberapa tips mengenai cara jitu untuk meningkatkan loyalitas karyawan anda. Apa sajakah tips-tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Berikan hak-hak karyawan dengan baik

Karyawan yang direkrut untuk bekerja tentunya wajib untuk mengerjakan semua pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Akan tetapi, jangan melupakan hak-hak karyawan yang harus mereka dapatkan ketika bekerja di perusahaan anda. Beberapa hak yang sebaiknya anda berikan kepada para karyawan di perusahaan anda misalnya adalah

  • Gaji pokok
  • Asuransi kesehatan
  • Tunjangan di hari raya
  • Pelatihan kerja
  • Fasilitas kerja
  • Jaminan sosial tenaga kerja
  • Kesejahteraan untuk keluaga
  • Keamanan kerja
  • Jenjang karier

Jika hak-hak karyawan di atas anda berikan dengan baik, maka besar kemungkinan karyawan akan fokus dengan kewajiban mereka dalam bekerja.

Namun, jika perusahaan tidak memberikan hak-hak yang layak kepada para karyawannya,  maka jangan berharap kalau kinerja karyawan akan baik untuk perusahaan anda.

2. Menerapkan jenjang karier secara jelas

Selain memberikan hak-hak karyawan dengan baik, perusahaan juga perlu untuk menerapkan jenjang karier yang jelas untuk meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Jenjang karier yang jelas yaitu jenjang karier yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja sehingga kinerja mereka semakin meningkat.

Jenjang karier yang jelas meliputi kinerja karyawan, sikap dan perilaku karyawan, waktu kerja, kompetisi untuk mendapatkan posisi karier serta waktunya yang jelas kapan karyawan bisa mendapatkan jenjang karier.

Contoh jenjang karier yang jelas yaitu seorang karyawan marketing baru dapat di promosikan menjadi kepala staff marketing setelah 2 tahun bekerja dengan dilihat dari kinerjanya, perilakunya, kemampuannya sebagai salah satu syarat untuk menduduki posisi sebagai kepala staff marketing.

3. Mempromosikan karyawan yang berprestasi

Untuk meningkatakn loyalitas karyawan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, promosikanlah karyawan-karyawan yang berprestasi dengan jabatan baru sehingga karyawan mendapatkan tantangan baru untuk mengeluarkan segala kemampuan yang mereka punya tanpa harus pindah pekerjaan ke perusahaan baru yang lebih besar.

Biasanya, promosi karyawan tersebut adalah untuk membuat karyawan tidak meninggalkan perusahaan karena kemampuannya sangat dibutuhkan.

Intinya, perusahaan takut kehilangan karyawan karena apabila karyawan yang berprestasi tersebut keluar dapat mengganggu kinerja perusahaan.

Promosi karyawan tidak akan merugikan perusahaan karena karyawan-karyawan yang mendapatkan promosi jabatan akan lebih bekerja keras dan loyal untuk masa depan perusahaan.

4. Membebaskan karyawan untuk berkreativitas

Membebaskan karyawan bekerja dengan kreativitas tanpa batas adalah cara yang sangat efektif untuk menigkatkan loyalitas kerja karyawan terhadap perusahaan.

Ide-ide kreatif karyawan yang dapat meningkatkan pencapaian hasil kerja patut untuk diterapkan.

Jangan membatasi kreativitas karyawan dalam bekerja karena strategi-strategi ampuh untuk keberhasilan suatu proyek biasanya muncul dari kreativitas yang tidak dibatasi.

5. Memberikan peminjaman dan bonus kepada karyawan

Terkadang perusahaan tidak tahu apa saja masalah yang sedang dihadapi oleh karyawannya.

Misalnya karyawan membutuhkan kendaraan, perusahaan dapat memberikan peminjaman lunak untuk karyawannya membeli kendaraan.

Dengan memberikan peminjaman seperti itu, akan membantu meningkatkan rasa setia atau loyalitas kerja karyawan kepada perusahaan karena mereka mempunyai tanggungan untuk melunasi peminjaman yang diberikan oleh perusahaan.

Selain memberikan peminjaman lunak kepada karyawan, berikanlah karyawan bonus dari pekerjaan mereka.

Misalnya bonus akhir tahun, bonus liburan bersama keluarga apabila telah berhasil menyelesaikan suatu proyek yang sangat penting bagi karyawan dan bonus-bonus lainnya.

Dengan memberikan bonus tersebut, karyawan akan merasa lebih dihargai kerjanya selama ini sehingga timbul rasa loyalitas mereka dalam bekerja kepada perusahaan.

Itulah beberapa cara untuk membantu meningkatkan loyalitas kerja karyawan. Meskipun rasa loyalitas seseorang tidak dapat di tentukan dengan harga atau standar-standar tertentu, namun tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk menerapkan hal-hal baik seperti di atas untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas kerja karyawan.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here