Home Manajemen Bisnis Cara Menghadapi Karyawan yang Susah Diatur dan Tidak Disiplin

Cara Menghadapi Karyawan yang Susah Diatur dan Tidak Disiplin

0
58
Cara Menghadapi Karyawan yang Susah Diatur dan Tidak Disiplin
Cara Menghadapi Karyawan yang Susah Diatur dan Tidak Disiplin

Menjadi seorang pimpinan dalam suatu perusahaan memang gampang-gampang susah, dan dari sekian masalah tersebut salah satunya yang kadang membuat pusing seorang pimpinan adalah bagaimana melatih seorang karyawan agar berlaku disiplin.

Untuk itu buat anda yang kebetulan saat ini juga sedang mengalami masalah demikian, ada baiknya anda membaca dan menerapkan trik mendisiplinkan karyawan seperti yang kami bagikan di bawah ini.

Cara menangani karyawan bermasalah karena tidak disiplin

1. Pantau Kinerja Karyawan

Dengan memantau setiap kinerja yang dilaksanakan oleh karyawan, anda akan mengetahui mana cara yang pas untuk membuat mereka menjadi disiplin.

Jika anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, menggunakan pengawas pekerjaan juga cocok dipilih untuk memaksimalkan pemantauan.

Pemauntauan sendiri dilakukan untuk mengetahui mana karyawan yang disiplinnya baik dan karyawan mana yang disiplinnya rendah.

Dengan mengetahui perkembangan karyawan, anda dapat membuat keputusan selanjutnya untuk mengatasi masalah dari karyawan yang tidak disiplin.

2. Lakukan Komunikasi yang Baik

Seorang pimpinan sangat diwajibkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan karyawannya. Dengan komunikasi yang baik namun tegas, karyawan akan merasa dihargai, dilindungi, dan merasa seperti berada di dalam lingkup keluarga.

Dengan begitu, rasa disiplin setiap karyawan akan terus bertambah dan menghasilkan hasil yang baik. Selain itu, dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh pemimpin akan membuat karyawan menjadi nyaman bekerja di perusahaan anda.

Cari Pemicu Ketidak Disiplinan

Selain memantau dan melakukan kemampuan komunikasi yang baik, mencari pemicu dari ketidak disiplinan karyawan perlu dilakukan.

Pasalnya, jika pemicu tidak ditemukan cara mengatasi masalah ini tidak akan berhasil. Dekati karyawan yang kurang disiplin dengan orang kedua seperti rekan dekat kerjanya, selanjutnya bertanya apakah karyawan tersebut memiliki masalah sehingga kurang disiplin dalam bekerja.

3. Beri Penghargaan

Untuk lebih meningkatkan rasa disiplin setiap karyawan, anda perlu mencoba untuk memberian penghargaan kepada siapa saja yang bertingkah disiplin.

Dengan memberikan stimulus berupa penghargaan, tanpa disadari karyawan akan merespon dengan meningkatkan kinerja serta disiplin mereka.

Salah satu contoh pemberian penghargaan seperti menaikkan upah, mendapatkan bonus, pemberian hadiah, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemberian hukuman kepada karyawan yang kurang disiplin perlu dilakukan agar tindakan kurang disiplin tidak muncul kembali.

4. Bersikap Tegas

Selain pemberian penghargaan kepada pegawai, anda perlu tegas dalam memberikan arahan.

Pasalnya, ketegasan seorang pimpinan dalam suatu perusahaan akan meningkatkan rasa disiplin karyawannya sesuai dengan tingkat ketegasan pimpinannya.

Karyawan akan merasa bersemangat karena sifat anda yang tegas. Selalu beri arahan yang tegas dan jelas agar karyawan semakin disiplin dalam bekerja.

5. Pahami Sifat Pegawai

Memahami sifat dari karyawan sangat perlu diperhatikan oleh bagian HRD. Banyak perusahaan yang kurang memperdulikan pemahaman sifat karyawannya karena dianggap tidak penting.

Nyatanya, dengan memahami sifat karyawan akan menimbulkan suatu hubungan komunikasi antara pimpinan dan karyawan yang nantinya akan menjalin hubungan baik sehingga tercipta disiplin kerja.

6. Jadikan Karyawan Sebagai Tenaga Produktif Sesuai Bakat

Pengelompokan karyawan sebelum masuk pada pembagian kerja haruslah sesuai dengan bakat yang dimiliki karyawan. Untuk mengetahui apa saja bakat yang dimiliki seorang karyawan, pelaksanaan masa orientasi pegawai harus benar-benar diperhatikan.

Alasannya, jika seorang pegawai masuk dalam tugas kerja yang tidak sesuai dengan bakatnya masalah ketidak dsiplinan akan muncul karena karyawan merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang sedang ia laksanakan.

Itulah 7 trik yang dapat anda terapkan dalam cara meningkatkan disiplin kerja pegawai atau mengatasi karyawan yang kurang memiliki disiplin kerja. Semoga bermanfaat.

Please rate this

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here