Cara Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal Bagi Pemula

Maraknya penggunaan internet saat ini, dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuka usaha dibidang bisnis online shop. Selain caranya yang mudah dan waktu yang fleksibel, bisnis online shop juga minim modal bahkan bisa juga tanpa modal. Namun untuk memulai bisnis online shop juga dibutuhkan beberapa cara agar bisnis yang dijalankan sesuai dengan keinginan. Bagaimana caranya? berikut jawabannya.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal Bagi Pemula

Tentukan Produk atau Jasa Yang Akan Dijual

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha dibidang bisnis online shop, terlebih dahulu tentukan produk atau jasa apa yang akan anda jual. Cara menentukan produk atau jasa yang akan dijual adalah dengan melakukan riset pasar.

Tujuan riset pasar adalah untuk mengetahui produk atau jasa apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Karena jika Anda menjual produk atau jasa yang banyak dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, secara otomatis akan memudahkan Anda dalam berjualan. Berbeda lagi apabila produk atau jasa yang Anda jual jarang sekali dicari oleh konsumen, ini akan membuat Anda cepat menyerah karena penjualan yang sepi.

Bagaimana cara melakukan riset pasar secara online? Riset pasar secara online bisa dilakukan dengan menemukan keyword atau kata kunci yang banyak diketikkan pada mesin pencarian. Mesin pencarian yang banyak dipakai di Indonesia adalah google, yahoo dan bing.

Penggunaan mesin pencarian google saat ini lebih dari 50% pengguna internet, jadi untuk riset pasar Anda bisa menggunakan Google AdWords. Didalam Google AdWords akan Anda temukan keyword apa saja yang banyak diketikkan konsumen pada mesin pencarian goolge.

Mencari Supplier dan Menjadi Dropshipper

Setelah Anda temukan produk atau jasa apa yang akan Anda jual, maka cara selanjutnya adalah mencari supplier dan menjadikan diri Anda sebagai dropshipper. Cara ini merupakan cara memulai bisnis online shop tanpa modal. Karena dengan menjadi dropshipper, Anda hanya perlu menjualkan produk atau jasa dari supplier dengan mengambil keuntungan sendiri.

Selain tanpa modal, sistem dropshipper juga minim risiko karena kita tidak perlu stok barang sendiri. Namun yang perlu diperhatikan adalah, carilah supplier yang terpercaya dengan kualitas produk yang baik dan harga bersaing. Perhatikan juga bagaimana dengan after salesnya, apakah pihak supplier memberikan jaminan kedatangan barang, jaminan kerusakan barang dan jaminan lainnya.

Membuat Lapak Online

Cara selanjutnya adalah membuat lapak online. Lapak online ini akan menjadi toko yang didalamnya terdapat katalog produk atau jasa yang Anda jual. Lapak online ini bisa Anda dapatkan dengan gratis melalui website gratisan seperti blogspot atau wordpress.

Pada umumnya yang harus ada di dalam website adalah informasi tentang profil usaha, katalog yang berupa gambar produk atau jasa yang Anda jual, alamat usaha lengkap, bagaimana cara transaksi, bagaimana proses pengiriman barang dan lebih baik lagi jika Anda tambahkan testimonial dari konsumen yang telah berbelanja.

Yang perlu Anda perhatikan dalam mengisi website Anda adalah isilah dengan konten yang berkualitas dan tidak copy paste dari website lain. Karena itu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi website Anda.

Selain menggunkan website, manfaatkan juga sosial media gratisan seperti facebook, twitter dan instagram. Untuk layanan chatting Anda bisa gunakan layanan chatting yang marak digunakan konsumen antara lain Whatsapp, BBM dan Line.

Selain itu, Anda bisa juga gunakan situs toko online gratis untuk berjualan seperti tokopedia, bukalapak, elevenia dan lain-lain. Dengan situs toko online tersebut, konsumen akan lebih percaya untuk bertransaksi karena transaksi dijamin aman.

Lakukan Optimasi Website

Setelah website Anda jadi, maka cara selanjutnya adalah melakukan optimasi website dengan SEO. Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia online, maka Anda harus familiar dengan yang namanya SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (Optimisasi mesin pencari).

Bagaimana cara melakukan SEO? Langkah paling awal dalam SEO adalah dengan membuat konten website yang membidik keyword atau kata sandi yang tepat. Seperti yang dijelaskan diatas, keyword bisa Anda temukan di Google AdWords. Carilah keywords yang relevan dan buatkan konten yang menjual. Dan ingatklah dalam membuat konten, usahakan original dan tidak copy paste.

Ilmu SEO bisa Anda dapatkan dengan gratis di internet, namun untuk lebih malsimal bisa juga Anda belajar kepada yang lebih berpengalaman.

Lakukan Promosi

Cara ini tidak boleh dilewatkan sama sekali, karena tanpa promosi lapak Anda tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Promosi yang bisa Anda lakukan sangat bervariasi mulai dari promosi melalui sosial media, melalui forum jual beli seperti kaskus, ceriwis dan detik, maupun promosi melalui blogwalking atau komentar blog.

Beberapa cara diatas bisa Anda terapkan saat Anda memutuskan untuk memulai usaha dibidang bisnis online shop. Terapkan juga dalam diri Anda untuk selalu bekerja keras dan konsisten dalam menjalankan bisnis agar hasilnya cepat terlihat. Semoga bermanfaat.

Pos terkait