Budidaya Jahe Merah, Bisnis Baru Yang Menjanjikan

Siapa yang tidak mengenal jahe? Tanaman ini sangat popular di Indonesia. Jahe dapat diolah menjadi beberapa minuman yang sangat digemari oleh banyak orang. Oleh sebab itu, budidaya jahe merupakan lahan bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan di dunia kesehetan yang meningkat terus setiap harinya. Salah satu jenis jahe yang cukup tinggi peminatnya adalah jahe merah. Hal ini dikarenakan khasiat jahe merah yang begitu besar bagi dunia kesehatan sehingga banyak perusahaan farmasi memanfaatkan rimpang jahe merah untuk bahan baku obat-obatan.

Nah, bagi anda yang tertarik dengan bisnis budidaya jahe merah ini, dan ingin menggelutinya secara total, di bawah ini kami bagikan sedikit seluk beluk budidayanya.

Beberapa Faktor atau Alasan Mengapa Budidaya Jahe Merah Layak di Tekuni

Sebelum memulai bisnis budidaya ini, akan lebih baik apabila kita mengenali lebih dalam mengapa budidaya jahe merah dapat menjadi bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan

Budidaya Jahe Merah, Bisnis Baru Yang Menjanjikan

  1. Permintaan pasar akan jahe merah cukup tinggi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Tanaman jahe ini dapat tumbuh pada ketinggian 0-200 mdpl sehingga cakupan tempat untuk budidaya relative lebih luas.
  3. Teknik budidaya relative lebih mudah, anda dapat menggunakan media tanam dengan polybag ataupun karung. Sehingga tidak diperlukan lahan yang terlalu luas. Anda pun dapat melakukan budidaya merah sistem organic dengan mudah.
  4. Meskipun harga jahe merah tidak setinggi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun anda dapat mengolah jahe menjadi produk lainnya semisal serbuk jahe atau gula yang tentu harganya memiliki nilai yang lebih tinggi.
  5. Masih belum banyak yang melakukan budidaya jahe merah.
  6. Modal yang dikeluarkan relatif rendah. Anda hanya perlu menyiapkan polybag,tanah, pupuk, dan bibit serta biaya pemeliharaannya tidak begitu besar .

Hambatan dalam proses budidaya jahe merah

Meskipun teknik pembudidayaannya terbilang cukup mudah, namun bukan berarti tidak ada hambatan dalam  pembudidayaannya. Anda yang ingin mulai membuka budidaya jahe merah ini perlu mengetahui hambatan yang akan terjadi sehingga dapat meminimalisirnya.

  1. Kualitas jahe benar-benar haarus diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan harga jual. Sekedar info, harga jahe di Indonesia masih di bawah Negara lainnya
  2. Serangan hama dan penyakit yang akan mempengaruhi kualitas dan jumlah hasil budidaya. Anda dapat meminimalisir masalah ini apabila mengikuti dengan benar teknik budidaya jahe merah.
  3. Dalam penjualan hasil budidaya, di Indonesia sendiri belum ada regulasi yang jelas mengenai sistem penjualan ataupun patokan harga.

Teknik budidaya jahe merah

Setelah mengetahui tentang keuntungan dan hambatan dalam pembudidayaan jahe merah. Selanjutnya anda perlu mengetahui teknik atau cara bagaimana budidaya jahe merah dengan benar. Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk budidaya jahe merah ini, salah satunya dengan teknik organik.

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menyiapkan polybag atau karung sebagai media tanam. Kemudian masukkan tanah yang dicampur dengan pupuk atau kompos. Setelah itu seleksi bibit jahe di persemaian dengan memilih bibit yang besar dan sehat. Lebih baik jika mengambil yang segar dari kebun, bukan dari pasar. Perhatikan lingkungan tempat budidaya jahe merah. Jahe merah dapat tumbuh baik bila terkena sinar matahari dengan kisaran 70%.

Selanjutnya untuk tahap perawatan, lakukan penyiraman setiap 2-3 minggu dengan waktu yang sama. Air siraman dicampur dengan pupuk organic. Dan jangan lupa untuk menyemprotkan insektisidan dan fungisida organic untu membasmi hama atau penyakit yang menyerang.

Untuk memanen jahe, anda dapat memanen hasilnya pada saat jahe merah berumur 9-10 bulan. Cara panennya dengan menyobek bagian tepi hingga tanah keluar. Pegang batang tanaman dan digoyang-goyangkan dengan pelan sehingga tanah yang menempel pada rimpang luruh.

Sebaiknya jangan memotong jahe dengan menggunakan pisau atau benda logam karena hal ini akan mempengaruhi kualitas jahe merah. Lebih baik apabila anda memotongnya dengan tangan.

Sekian penjelasan tentang hal-hal apa saja yang berkaitan dengan budidaya jahe merah. Semoga informasi diatas dapat membantu bagi anda yang ingin membuka usaha budidaya jahe merah. Semoga bermanfaat

Pos terkait