Bisnis Rumahan Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

Memasuki masa pensiun, penghasilan Anda tentu tak sebesar saat Anda menjadi karyawan. Bahkan, untuk beberapa perusahaan tertentu Anda tidak diberi uang pensiunan melainkan pesangon yang jika di kalkulasi secara mendetail, jumlahnya lebih sedikit daripada dana pensiun. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, Anda masih punya kesempatan menikmati masa pensiun Anda dengan penghasilan tambahan.

Ya, tidak ada kata terlambat untuk memulai usaha meski usia Anda sudah tidak muda lagi. Ingat, Kolonel Harland Sanders pun mampu menciptakan peluang usaha restoran ayam cepat KFC saat ia memasuki masa pensiunnya dari tentara angkatan darat Amerika Serikat. Bisnisnya berkembang hingga ke seluruh dunia.

Jadi, Anda pun bisa mempertimbangkan untuk berbisnis seperti Kolonel Sanders. Nah, berikut ini beberapa contoh bisnis rumahan yang cocok bagi Anda yang memasuki masa pensiun.

Bisnis Rumahan Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

1. Usaha di Bidang Pertanian dan Peternakan

Saat seseorang pensiun, pastilah ia memiliki waktu luang yang cukup besar. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk berkebun dan beternak. Hal ini karena kedua jenis usaha ini membutuhkan pengorbanan waktu cukup banyak dari pelaku usahanya.

Selain itu, usaha ini pun sangatlah dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Anda tak perlu terlalu berpikir keras mengenai inovasi produk, Anda cukup mengerahkan ketelatenan dalam bekerja. Anda pun bisa mengerahkan tenaga orang lain untuk bekerja di lapangan.

Anda bisa memulai dengan berkebun cabai rawit, tanaman organik, pisang, bunga – bunga hias, atau tanaman lain sesuai selera Anda. Sedangkan di sektor peternakan, Anda dapat membudidayakan lele yang tergolong mudah dalam penangannya. Beternak ayam potong, telur, atau ikan air tawar mun dapat menjadi opsi yang baik.

2. Usaha Rental Mobil

Bidang transportasi pun menjadi salah satu usaha yang menguntungkan bagi Anda terutama jika Anda yang memiliki mobil pribadi. Daripada mobil Anda lebih banyak menganggur, lebih baik gunakan saja untuk menghasilkan pundi – pundi uang. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan rental mobil atau merentalkan sendiri mobil anda kepada tetangga sekitar.

3. Usaha Properti

Anda memiliki lahan kosong atau kamar di rumah Anda berlebih. Menggunakannya sebagai tempat kost adalah pilihan yang cukup tepat. Bisnis properti baik itu rumah kontrakan atau tempat kost dapat mendatangkan rupiah ke dalam dompet Anda bahkan tanpa menguras tenaga Anda.

Dengan adanya internet dan online marketplace atau web penyedia iklan gratis di internet, Anda bisa memasarkan kamar atau rumah kontrakan Anda dengan mudah dan efektif. Usaha ini terbukti sangat membantu perekenomian Anda karena setiap orang membutuhkan tempat tinggal apalagi di perkotaan atau tempat – tempat yang dekat dengan perkantoran atau lembaga pendidikan.

4. Usaha Toko Kelontong

Jika Anda memiliki uang pesangon atau dana pensiun yang cukup besar, investasikan uang Anda untuk membangun toko kelontong atau membeli franchise/ waralaba toko retail. Anda cukup duduk manis, sementara karyawan Anda yang bekerja dan uang pun mengalir ke rekening Anda.

Toko kelontong pastilah sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang karena berkaitan dengan keperluan sehari – sehari seperti makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

5. Usaha Sesuai Hobi Anda

Jadikanlah hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda – beda. Bisnis yang berasal dari hobi akan membuat Anda senang dan merasa nyaman menjalaninya. Misalnya, jika Anda hobi mengoleksi burung, Anda dapat berbisnis jual beli burung lovebird atau burung kenari. Anda pun dapat menjual perlengkapan, pakan, dan accecoris burung.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai ide usaha rumahan yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memasuki masa pensiun. Semoga menginspirasi!

Pos terkait