Bisnis Online Syariah, Terpercaya, Halal dan Berkah<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4795" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating">	<span class="mr-star-rating">			    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star-half-o mr-star-half"></i>	    </span><span class="star-result">	<span itemprop="ratingValue">4.5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span>			<span class="count">				(<span itemprop="ratingCount">2</span>)			</span>			<span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Bisnis Online Syariah, Terpercaya, Halal dan Berkah" /></span></span>

Bisnis Online Syariah, Terpercaya, Halal dan Berkah

Apa itu Bisnis Syariah dan Bisnis Online Syariah ?

Secara umum kita ketahui bahwa Bisnis Syariah adalah semua hal yang berkaitan dengan jual beli dengan berpedoman pada hukum Syariah Islam.

Sedangkan Bisnis online adalah semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Kenapa Bisnis Syariah Harus Online?

Diera digital sekarang ini, hampir tidak ada satupun bisnis yang tidak cocok jika dionlinekan. Justru bagi sebagian pelaku usaha hukumnya menjadi fardu ain alias benar-benar wajib dilakukan.

Pilihannya hanya dua, Go Online Or Die. Masih kurang yakin?

Anda pasti mengenal yang namanya Tokopedia, Gojek, Traveloka, Bukapalak. Iya khan?

Nah, tahukah anda bahwa ke 4 Perusahaan ini sudah Masuk Kategori Unicorn. Unicorn  adalah sebutan bagi start up yang sudah memiliki valuasi diatas USD 1M – atau setara dengan Rp 14.8 triliun.

Berapa valuasi perusahaan mereka?

Berikut nilai valuasi 4 unicorn start up Indonesia :

  1. Tokopedia – valuasi Rp 50 triliun
  2. Gojek – valuasi Rp 40 triliun
  3. Traveloka – valuasi Rp 26 triliun
  4. Bukapalak – valuasi sekitar Rp 15 triliun

Sudah jelas khan?

Kenapa Pula Bisnis Harus Syariah ?

Bisnis online itu banyak plus minusnya. Diantara yang paling ditakutkan adalah tentang keamanan transaksi dan legalitas sebuah produk.

Lalu adakah bisnis online syariah yang produknya sudah terbukti halal dan bisnisnya berkah?

Jawabannya adalah K-Link. Pasti sudah tidak asing lagi bagi anda.

Ya, sejak 2002, K-link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi  anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif .

Bisnis Online Syariah
Bisnis Online Syariah

Bagaimana cara menjalankan Bisnis Online Syariah ?

Langkah pertama tentu anda harus join dulu dengan bisnisnya. Kalau belum join silahkan Join Disini.

Kemudian pelajari bisnisnya dan kuasai product knowledge.

Setelah itu anda hanya perlu menerapkan konsep AIDA untuk menjalankan Bisnis Online Syariah Anda.  Konsep ini bukan sekedar teori, tetapi saya sendiri pun telah menerapkan pada bisnis yang saya geluti saat ini.

bisnis online syariah Bisnis Online Syariah Bisnis Online Syariah
Konsep AIDA Untuk Bisnis Online Syariah

Apa itu AIDA ?

AIDA adalah singkatan dari :

Attention/Awareness (Perhatian)
Interest (Minat)
Desire (Keinginan)
dan Action (Aksi)

Aida merupakan salah satu funnel marketing yang paling lama digunakan dalam dunia Advertising. Sebelum orang memutuskan join atau membeli produk anda maka mereka pasti melalui tahapan ini.

Jika ingin menerapkannya dalam bisnis online syariah anda maka simak penjelasannya berikut ini;

4 Fase yang dilalui target market anda sebelum memutuskan join/membeli bisnis atau produk anda.

1. Attention/Awareness  (Fase Menarik Perhatian Konsumen)

Video Promosi

Pandangan pertama itu menentukan. Demikan pula ketika pertama kali orang melihat penawaran anda. Dalam dunia Digital Marketing biasanya saya paling sering menggunakan video.

Cara ini sering saya gunakan ketika ingin memperkenalkan sebuah brand atau produk baru. Saran saya gunakanlah video promosi yang benar-benar mampu menjelaskan secara detail bisnis atau produk anda.

Bila tidak memiliki keahlian dalam bidang video grafis maka gunakan jasa professional atau pakailah tools yang praktis namun hasilnya maksimal.

Promo & Diskon

Hal ini sudah sangat sering jumpai ketika ada launching sebuah produk baru atau pada peringatan hari besar.

Testimoni

Selain video promosi, promo dan diskon kita bisa menggunakan cara yang ketiga yaitu kekuatan testimoni. Seperti yang sudah saya sampaikan diawal tadi bahwa target market kita butuh yang namanya jaminan keamanan dalam bertansaksi tanpa tatap muka. Maka dibutuhkan usaha yang ekstara keras untuk meraih kepercayaan mereka.

Namun begitu kesadaran mereka muncul, maka dengan akan sangat mudah bagi anda untuk melangkah pada tahap selanjutnya.

Testimoni bisa dalam bentuk video atau hasil screenshoot percakapan via online.

2. Interest ( Fase Ketertarikan atau Membangkitkan Rasa Suka Kepada Konsumen Dengan Menunjukan Keunggulan Bisnis/Produk)

Pernakah anda sebagai pembeli mengunjungi sebuah toko online atau marketplace lalu melakukan transaksi tetapi setelah menekan tombol add to chat (tambahkan ke keranjang) maka anda pun membatalkannya?

Atau Pernakah ada sebagai penjual tiba-tiba masuk via chating whatsapp, ada yang tanya harga dan spesifikasi tetapi begitu dikasih nomor rekening malah kabur?

Jika iya, itu artinya anda sudah memasuki fase kedua ini sebagai target market dari produk tersebut.

Nah, apa yang perlu kita lakukan untuk mendorong mereka menyelesaikan transaksi?

Yang perlu difahami adalah bahwa pada tahap ini target market anda butuh penjelasan detail tentang produk anda. Atau benefit yang didapatkan ketika join dengan bisnis anda.

Hubungi mereka kembali untuk menjelaskan tentang detail produk atau bisnis anda.

3. Desire (Fase Berniat untuk Membeli)

Difase ini orang cenderung menimbang-nimbang. Tugas anda hanya tinggal perlu menarik pelatuk untuk kemudian ditembakkan pada sasaran yang tepat.

Anda cukup memainkan trik pain dan pleasure (menakut-nakuti & mengiming-imingi)

Pain

Ungkitlah rasa sakitnya, ungkitlah kesedihannya.

Contoh:

“Semakin anda menunda memiliki produk ini maka semakin lama teman-teman anda menertawankan dan mempermalukan anda”

“Masih mau menunda memperbaiki ekonomi keluarga? Lihat anak Istri anda Butuh Makan, Hutang Anda Terus Membengkak, Lalu Masih Berfikir Join Bersama Kami ?”

Pleasure

Sementara itu anda bisa memainkan emosi dengan memberi kabar gembira.

Contoh:

“Lupakan jerawat dan jadikan wajahmu mulus tanpa noda”

“Miliki apapun yang anda mau setelah bergabung dengan bisnis kami”

Countdown

Pernah baca kalimat seperti berikut?

Penawaran ini hanya berlaku 1 hari karena besok harga kembali normal

Secara Psikologis, trik ini sangat ampuh mendesak orang untuk segera melakukan tindakan.

Garansi

Selain teknik hitung mundur, anda bisa menambahkan garansi. Contoh redaksi kalimat yang sering saya gunakan untuk mempromosikan sebuah e-course (kursus online) sebagai berikut:

bila setelah mengikuti kursus online ini anda tidak mendapatkan manfaat sedikitpun maka uang anda kembali tanpa ditanya

Jangan ditiru ya..hehehe

4. Action (Fase Memutuskan untuk Membeli/Join)

Di fase ini target market anda benar – benar telah memutuskan.

Nah, bagaimana? Sudah siap menerapkan ini pada Bisnis Online Syariah Anda?

Sudah siap memulai Bisnis Online Syariah, Terpercaya, Halal dan Berkah?

Semoga Bermanfaat!

BERI NILAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *