Bersama UNTAN Membangun Negeri<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4683" >			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara mengambil peran untuk membangun Negeri. Diberbagai kalangan, dari elemen Masyarakat paling bawah pun bisa mengambil peran untuk membangun Negeri.

Petani bisa menghasilkan kualitas pangan terbaik dan berlimpah, sehingga Negeri tak perlu capek mengimpor pangan dari luar negeri.

Generasi muda bisa berkarya lewat seni, olahraga atau penemuan ilmiah yang bisa bermanfaat bagi Negeri bahkan dunia, sehingga tak ada waktu untuk menghabiskan masa muda pada kesia-siaan.

Ulama bisa mengambil peran dalam membina hubungan baik Manusia dengan Pencipta serta menumbuhkan akhlak terpuji melalui nilai-nilai keagamaan.

Apalagi Pejabat Negara, tentu memiliki kewenangan dan peran yang sangat besar dalam hal pembangunan dan kemajuan Bangsa.

Ada banyak cara membangun Negeri..

Demikian pula yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura (UNTAN), Membangun Negeri melalui dunia pendidikan. Karena dari sinilah akan lahir pedagang yang jujur, petani yang sukses, anak muda yang gemilang, Ulama yang menjadi panutan ummat dan melahirkan calon Pemimpin yang amanah.

Masih Ingatkah kita ketika Jepang pernah terpuruk dengan hancurnya kota Nagasaki dan Hiroshima oleh bom Amerika. Jepang saat itu lumpuh total, korban meninggal mencapai jutaan, belum lagi efek radiasi bom tersebut yang dalam perkiraan membutuhkan 50 tahun untuk menghilangkan itu semua.

Maka Jepang terpaksa menyerah kepada sekutu, dan setelah itu Kaisar Hirohito mengumpulkan semua jendral masih hidup yang tersisa menanyakan kepada mereka “Berapa jumlah guru yang tersisa?“. Para jendral pun bingung mendengar pertanyaan Kaisar Hirohito dan menegaskan kepada Kaisar bahwa mereka masih bisa menyelamatkan dan melindungi Kaisar walau tanpa Guru.

Baca Juga  Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Namun, Kaisar Hirohito kembali berkata, “Kita telah jatuh, karena kita tidak belajar. Kita kuat dalam senjata dan strategi perang. Tapi kita tidak tahu bagaimana mencetak bom yang sedahsyat itu. Kalau kita semua tidak bisa belajar bagaimana kita akan mengejar mereka?

Maka kumpulkan sejumlah Guru yang masih tersisa di seluruh pelosok kerajaan ini, karena sekarang kepada mereka kita akan bertumpu, bukan kepada kekuatan pasukan.”

Jepang menjadi negara maju seperti saat ini tak lepas dari pengaruh dan campur tangan guru.

Lihat betapa pendidikan bagi anak-anak Bangsa itu sangat penting.

Sehingga, Universitas Tanjungpura benar-benar menjunjung tinggi pendidikan,  juga menjunjung karakter dan kerohanian mahasiswa.

Lalu Bagaimana sebenarnya visi, misi dan perihal lainnya tentang Universitas Tanjungpura ?

Silahkan simak baik-baik..

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Visi Universitas Tanjungpura:

Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi Untan Universitas Tanjungpura

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Upaya yang dilakukan UNTAN untuk menjadi pusat ilmiah Kalimantan Barat dan menghasilkan kader yang mampu bersaing dapat dilihat dari peningkatan riset bermutu. Mulai dari melakukan penelitian, pengabdian pada masyarakat hingga menciptakan teknologi yang berguna untuk pendidikan dan kemajuan bangsa. Oleh karena itulah, kehadiran Universitas Tanjungpura memiliki peran yang besar dalam membantu kebijakan pemerintah setempat dan Indonesia pada umumnya.
Untuk mendorong pertumbuhan kualitas sumber daya manusianya, Universitas Tanjungpura juga meningkatkan pembangunan di bidang infrastruktur. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya terdapat lima bangunan besar yang masih dalam proses pengerjaan. Bangunan tersebut adalah gedung perpustakaan modern, gedung serbaguna, gedung laboratorium ilmu dasar dan dua gedung kuliah. Adanya pembangunan tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya kerjasama terhadap pihak Islamic Development Bank (IDB).
Memasuki era pasar global tentunya berdampak pada persaingan kehidupan yang semakin ketat. Karena itulah setiap individu dituntut untuk bekerja secara profesional, tahu akan teknologi dan mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman. Oleh sebab itu, investasi pada pembangunan sumber daya manusia memiliki nilai strategis dan penting dalam jangka panjang. Karena hal tersebut mampu berkontribusi pada kemajuan pembangunan, termasuk untuk memacu pertumbuhan ekonomi.
Untuk membangun manusia yang berkualitas tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya kerjasama yang selaras antara pemerintah dan berbagai pihak untuk menciptakan mutu pendidikan yang baik. Salah satu yang berkepentingan dalam mewujudkan hal tersebut adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi memiliki peran yang besar dalam mencetak generasi yang unggul dan inovatif.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Nah, melihat visi dan misinya yang cukup detail ini tentu kita punya gambaran jelas tentang cita-cita mulia Membangun Negeri. Dipostingan ini mungkin terbatas yang bisa saya sampaikan, namun ketika anda kunjungi situs resmi di http://untan.ac.id maka akan anda temukan informasi yang jauh lebih banyak.
Mari Bersama UNTAN Membangun Negeri Kita Tercinta, Indonesia…

BERI NILAI

Baca Juga  Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *