Beginilah Trik Terbaik Mengelola Gaji Bagi Anda yang Boros

Membedakan antara keinginan dan kebutuhan memang agak sulit dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena kita memandang antara keinginan dengan kebutuhan merupakan dua hal yang sama. Kondisi itulah yang dinamakan boros.

Kebiasaan tersebut apabila tidak segera diatasi akan mengakibatkan ketidakstabilan keuangan. Agar kondisi tersebut tidak terus menerus terjadi pada anda, ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar gaji anda bisa di kelola dengan baik dan terhindar dari sifat boros.

Beginilah Trik Terbaik Mengelola Gaji Bagi Anda yang Boros

1. Mendahulukan pengeluaran kebutuhan utama (primer)

Pada saat memperoleh gaji prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan primer terdahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari penunggakan tagihan. Dan membiasakan diri untuk menggunakan gaji dengan bijak sesuai kebutuhan utama.

2. Menyisihkan sebagian uang untuk tabungan

Minimal sisahkan 10% dari jumlah gaji untuk tabungan. Hal ini penting mengingat kita tidak akan selamanya bekerja. Jadi tabungan dapat digunakan untuk membantu kebutuhan-kebutuhan urgent. Misalnya untuk biaya pengobatan. Selain itu menyisahkan sebagian gaji untuk tabungan dapat membantu menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

3. Membuat laporan keuangan harian

Usahakan untuk membiasakan diri membuat laporan keuangan harian. Setiap melakukan pembelanjaan usahan untuk tidak membuang struk pembelian. Hal ini berguna untuk mengontrol pengeluaran setiap harinya. Sehingga anda dapat memahami pembelanjaan apa saja yang semestinya tidak anda lakukan terus menerus. Selain itu anda juga dapat mengetahui letak dimana anda sering mengeluarkan uang lebih.

4. Membuat rencana anggaran pengeluaran

Pembuatan anggaran pengeluaran dapat dilakukan dengan membagi jenis pengeluaran kebutuhan, antara kebutuhan primer dan tersier. Yang termasuk kebutuhan primer yaitu makan, biaya transportasi bekerja, tagihan ( listrik, air, telepon), cicilan ( motor atau rumah). Sedangkah kebutuhan tersier shopping, travelling, nongkrong bersama teman.

5. Lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit dapat menjadi solusi keuangan anda apabila penggunaannya tepat. jika berlebihan maka yang terjadi hanyalah penumpukan tagihan. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak negatif bagi keuangan anda. Gunakan promo-promo pada kartu kredit anda untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan atau untuk membayar beberapa tagihan.

6. Investasi jangka panjang

Jika anda memiliki pendapatan yang tinggi maka alihkan sebagian gaji untuk investasi yang menguntungkan. Misalnya asuransi, reksa dana ataupun emas. Apabila hal tersebut anda lakukan akan sangat menguntungkan sekali bagi masa depan anda.

7. Melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan rencana anggaran pengeluaran.

Melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran yang anda buat sangatlah penting. Dengan menerapkan perbandingan maka anda dapat melihat apakah rencana anggaran pengeluaran dengan pengeluran bulanan singkron. Jika tidak periksalah kembali laporan keuangan harian, lalu cocokkan dengan rencana anggaran pengeluaran. Lakukan revisi jika pengeluaran anda tidak sesuai rencana anggaran. Cek sebarapa banyak pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkah. Sehingga untuk bulan berikutnya usahakan tidak mengulanginnya kembali.

8. Memiliki lebih dari 1 rekening

Fungsi dari pembuatan lebih dari 1 rekening adalah untuk memisahkan antara rekening yang biasa digunakn untuk menerima gaji, membayar tagih ataupun lainnya dengan rekening khusus untuk tabungan saja. Usahakan menyimpan atm khusus tabungan dirumah pada saat bepergian. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko terpakainya uang tabungan.

Boros merupakan suatu kebiasaan. Dan kebiasaan itu dapat dirubah. Selain beberapa cara mengelola gaji dengan bijak, yang lebih penting adalah mengubah mindset kita akan suatu kebutuhan. Tidak semua keinginan itu benar-benar dibutuhkan. Namun semua kebutuhan pasti dibutuhkan. Jadi gunakan dengan bijak gaji anda untuk memenuhi segala yang dibutuhkan agar kerja keras anda tidak berbuah sia-sia.