Begini Bahayanya Menjalankan Bisnis Dengan Modal Dari Kartu Kredit<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-3794" >			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>

Begini Bahayanya Menjalankan Bisnis Dengan Modal Dari Kartu Kredit

Modal adalah hal utama yang menjadi pertimbangan untuk memulai sebuah usaha. Banyak orang yang batal atau gagal menjalankan bisnis karna kurangnya modal. Susahnya mendapatkan pinjaman dari bank menjadi kendala bagi sebagian kalangan untuk memulai atau menjalankan bisnis mereka. Akan tetapi, banyak jalan menuju roma.

Itulah salah satu filosofi yang di pegang tegung oleh sebagian pebisnis. Dan filosofi ini tentunya sangat cocok untuk orang yang berusaha menemukan cara mendapatkan uang atau modal demi kepentingan bisnis atau usaha mereka.

Dan salah satu jalan yang mereka tempuh ialah dengan menggunakan kartu kredit. Ini memang cara yang paling sederhana dan mudah untuk mendapatkan pinjaman modal. Akan tetapi jika anda salah mengelolanya, bukan untung yang akan anda dapat, tapi malah sebaliknya.

Nah, bagi anda yang ingin memulai usaha dengan modal dari kartu kredit, ada baiknya untuk mengetahui bahayanya berikut ini, sebagai referensi untuk antisipasi anda terhadap hal buruk yang bisa saja membayangi bisnis anda.

Bahayanya Menjalankan Usaha Dengan Modal Dari Kartu Kredit

Resiko Kerugian atau Bangkrut

Kemudahan fasilitas kartu kredit bisa menimbulkan masalah jika anda tidak dapat menerapkan kedispilinan yang dapat menyebabkan kerugian atau kebangkrutan pada usaha yang anda jalani. Berdasarkan penelitian Ewing Marion Kauffman Foundation, ada 60% start up ( perusahaan pemula ) di Amerika Serikat yang menggunakan modal dari kartu kredit untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan mereka. Karena kemudahan dalam mendapatkan kredit tersebut, tidak sedikit dari mereka yang mengalami kebangkrutan.

Suku Bunga Tinggi

Angka suku bunga kartu kedit memang lebih besar dari pinjaman bisnis atau UKM lainnya. Suku bunga kartu kredit dari bank tertentu sudah mencapai angka 10 persen per bulannya. Angka ini sangat jauh dari suku bunga pinjaman UKM yang hanya 2 persen. Besarnya tingkat suku bunga bisa menjadi hutang konsumtif yang sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam berbisnis.

Menggantungkan bisnis dengan iuran yang pasti

Menggunakan modal dari kartu kredit haruslah dengan pertimbangan yang sangat matang. Iuran kartu kredit menjadi kewajiban yang harus anda bayar tiap bulan. Besarnya iuran bulanan kartu kredit bisa dijadikan sebagai pembanding dengan profit yang bisnis anda hasilkan. Disini anda dapat melihat angka persentase bunga yang pasti harus anda bayar dengan persentase fluktuaktif dari bisnis yang anda jalankan.

Bank tidak membedakan pengguna kartu kredit

Pihak Bank tidak pernah melihat anda sebagai nasabah dan bisnis anda sebagai identitas yang terpisah. Apabila ada kesalahan yang mungkin anda lakukan dalam penggunaan kartu kredit, perusahaan atau usaha anda pun akan ikut menanggungnya.

Penggunaan Yang Overlimit

Salah satu bahaya bisnis dengan modal dari kartu kredit adalah penggunaan dana yang overlimit. Kecerobohan ini sering terjadi dan mengakibatkan timbulnya biaya pinalti sebagai hutang konsumtif sebagai beban tambahan dalam usaha anda.

Keterlambatan atau Kurang Bayar

Keterlambatan membayar iuran kartu kredit sering kali terjadi di kalangan masyarakat kita. Hal ini sangat tidak disarankan. Ini akan menimbulkan adanya biaya tambahan lain berupa denda serta sisa bunga pinjaman yang akan membuat hutang konsumtif usaha anda semakin besar.

Fasilitas kartu kredit yang diberikan oleh bank dapat anda jadikan alat untuk memenuhi kebutuhan hidup anda. Penggunaan yang tepat serta disiplin dalam menggunakan dana dari kartu kredit menjadi tolak ukur efektivitas dari fasilitas yang diterbitkan oleh bank tersebut. Tingkat suku bunga yang tinggi bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk menggunakan dana kartu kredit sebagai modal awal membangun usaha. Perbandingan tingkat suku bunga dengan profitabilitas usaha anda layak untuk dicermati dengan lebih seksama.

Demikian resiko menggunakan kartu kredit.

Semoga bermanfaat.

BERI NILAI

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba yang Wajib Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *