7 Langkah Tepat Untuk Memulai Bisnis Via Internet

Langkah-Langkah Untuk Memulai Bisnis Via Internet
Langkah-Langkah Untuk Memulai Bisnis Via Internet

Saat ini semakin banyak orang yang tertarik menekuni bisnis melalui Internet. Selain dapat memasarkan produk secara luas, modal untuk berbisnis Internet juga tergolong ringan.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis online, dan belum mengetahui cara memulainya seperti apa, berikut ini kami berikan informasi singkat langkah memulai bisnis via Internet yang bisa anda terapkan.

1. Tentukan Ide usaha

Hal utama yang harus anda lakukan dalam membangun usaha adalah fokus menentukan ide usaha. Karena semua berawal dari sini. Pilihlah jenis usaha yang benar-benar anda kuasai. Sehingga anda mengerti betul seluk beluk dari usaha anda sekaligus memberikan kemudahan bagi anda untuk memasarkan produk.
Jika anda kurang memahami tentang produk anda, tentunya akan butuh waktu lagi untuk belajar tentang produk tersebut.

2. Lakukan Riset

Setelah anda menetapkan jenis usaha anda. Lakukan beberapa riset tentang produk anda, seperti mencari tahu apakah sudah banyak yang menjual produk seperti produk anda.
Hal tersebut penting dilakukan agar anda mengetahui seberapa besar potensi usaha anda dipasaran. Selain itu anda dapat mengetahui kompetitor anda dalam menjalankan bisnis melalui Internet.

3. Kumpulkan Konten

Sebelum memasarkan produk anda, kumpulkan materi yang akan anda jadikan bahan untuk melakukan promosi. Misalnya membuat artikel tentang produk anda, mengumpulkan foto produk dan beberapa video agar nantinya dapat menarik minat pembeli.

4. Cari program affiliasi

Jika sudah sampai titik ini, bisa dikatakan bahwa anda sudah pasti memiliki produk yang akan dipasarkan. Anda dapat mempromosikan usaha anda melalui beberapa program affiliasi. Cara nya cukup mudah dengan mendownload aplikasi toko-toko online. Setelah itu anda bergabung didalam toko online tersebut, barulah anda dapat mulai mempromosikan usaha anda disana.
Contoh toko online yang dapat menjadi referensi anda, lazada, tokopedia, olx, bukalapak, elevenia, dll.

5. Membuat website

Ditahap ini anda dapat membuat website usaha anda. Hal yang dibutuhkan dalam membuat website yaitu domain dan hosting.
Domain adalah nama website usaha anda. Contoh www.namadomain.com, dan hosting adlah tempat dimana untuk menaruh nama domain anda. Untuk menyewa hosting anda cukup mengeluarkan biaya 150ribu dan membeli domain sebesar 100ribu. Jika anda yang ingin membuat website secara gratis anda dapat menggunakan WordPress atau Blogspot.

6. Buat nama usaha anda di beberapa media sosial

Cara memasarkan produk melalui media sosial juga terbukti ampuh. Anda dapat menggunakan beberapa media sosial seperti, twitter, facebook dan instagram. Media sosial tersebut dapat diunduh dengan mudah pada aplikasi smartphone anda.

7. Promosi situs anda

Setelah semua langkah-langkah diatas teraplikasikan semua. Mulailah untuk menjual produk anda dan melakukan promosi ke berbagai media yang sudah anda buat. Mulai dari website, media sosial dan toko online.

Dalam mempromosikan usaha, jelaskan secara detai mengenai usaha anda. Mulai dari detail produk, cara pemesanan produk serta profile tentang usaha anda. Dan juga anda dapat memasukkan konten-konten yang anda kumpulkan kedalam media promosi seperti artikel mengenai produk, foto produk dan video tentang produk. Usahakan semenarik mungkin dalam mempromosikan usaha anda agar menarik minat pembeli.

Bergerak didalam bisnis via Internet apabila digeluti dengan tekun dapat menjadi usaha yang memiliki prospek cerah untuk jangka panjang. Nah, silahkan Anda pahami info tentang cara memulai bisnis via Internet di atas, dan semoga bisa bermanfaat dalam membatu anda yang memiliki ketertarikan pada bisnis Online. Selamat mencoba.

Pos terkait