6 Bisnis Kreatif Yang Menjadi Trend di Pasaran Saat Ini

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, tidak lepas dari peran serta dari bisnis kreatif yang marak digeluti saat ini. Bisnis kreatif sendiri adalah kemampuan menghasilkan suatu produk yang di dasari oleh sebuah kreatifitas dan imajinasi yang tinggi oleh penciptannya.

Faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis kreatif selain kreatifitas adalah kemajuan teknologi serta media sosial sebagai jembatan untuk memperkenalkan produk secara luas. Industri bisnis kreatif memiliki banyak sektor. Namun tidak semuannya dapat diterima dipasaran. Untuk mengetahui sektor industri bisnis kreatif apa saja yang menjadi trend dipasaran, berikut ini paparannya.

1. Bisnis kreatif kuliner

Dunia kuliner memiliki andil yang sangat besar didalam industri bisnis kreatif. Lihat saja, begitu beragamnya jenis olahan makanan dan minuman yang tersebar di pasaran. Mulai dari masakan lokal hingga mengadaptasi masakan dari luar. Tentunya para pemilik usaha kuliner menyajikannya dengan ide kreaif mereka sendiri. Sehingga peminatnya juga sangat banyak. Misalnya saja membuat keripik dengan berbagai level tingkat kepedasan, membuat keripik berbahan dasar buah dan sayur, dan lain sebagainya.

Selain dari segi jenis makanan dan minuman yang dijual, kreatifitas pada dunia kuliner ditunjukkan oleh para pelaku bisnis dengan menyuguhkan dekorasi tempat yang unik dan menambah nilai jual dari usaha kuliner tersebut.

2. Bisnis kreatif craft

Kerajinan tangan atau craft berbasis homade akhir-akhir ini banyak menjadi viral dikalangan masyarakat. Tentunya pada sektor usaha ini sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Kemampuan dari para pengusaha craft untuk menghasilkan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi tak sedikit yang sampai menembus pasar internasional. Produk kerajinan yang dihasilkan antara lain perhiasan, sepatu, tas, kerajinan dari keramik dan juga kerajinan daur ulang dari kayu palet bekas.

3. Bisnis kreatif organik

Saat ini sudah semakin banyak para pemilik usaha yang berkecimpung di industri organik. Mereka berlomba-lomba menghasilkan suatu produk dengan bahan utama organik yang mampu bersaing dengan produk konvensional lainnya. Tentunya produk organik tersebut juga tidal lepas dari peran kreatifitas para pencipta produk. Beberapa produk yang berhasil menaklukkan pasar antara lain produk pupuk organik, produk obat herbal, bahan makanan alami serta beberapa produk yang mengusung konsep produk sehat.

 

4. Bisnis kreatif produk tradisional

Indonesia dikenal dengan keanekaragama produk kain tradisionalnya hingga ke mancanegara. Produk tersebut antara lain kain batik, kain ulos, kain songket, kain tenun, kain juputan dan lainnya. Untuk menambah nilai jual dari kain tersebut para desiner kreatif Indonesia mengubahnya dengan menambah nuansa modern melalui karya-karya busana yang unik serta tidak menghilangkan ciri khas dari kain tersebut.

Nah tentunya usaha ini sangat layak anda geluti, selain menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, juga bisa bermanfaat dalam memajukan seni tradisional warisan leluhur kita.

5. Bisnis kreatif pers dan penulisan

Media informasi saat ini jauh lebih berkembang. Dalam mencari informasi, dahulu kita hanya mengenal televisi dan media cetak sehingga pers lebih didominasi oleh institusi resmi. Hal tersebut berbanding terbalik dengan saat ini, dimana kecendurang untuk mencari informasi dilakukan melaui via internet dan tidak lagi dikuasai institusi resmi.
Perubahan tersebut menunjukkan adanya suatu kretifitas yang berujung pada inovasi didunia pers. Kemunculan para pelaku usaha di dunia Internet seperti para pembuat web menjadi ladang bisnis yang mulai dilirik banyak orang. Dunia Internet menjelma menjadi pemberi lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang memiliki ketertarikan dalam media online, seperti penulis cerita online, penulis berbagai artikel dan lainnya.

6. Bisnis kreatif produk kreasi teknologi

Bisnis kreatif produk ternologi adalah suatu bidang usaha dimana kreasi produk yang di hasilkan memanfaatkan kemajuan teknologi pada alat produksi. Contoh usaha yang bergerak pada bisnis kreatif ini antara lain pelaku usaha sablon digital printing, pelaku usaha yang membuka jasa servis smartphone, pelaku usaha bisnis rekaman, dan masih banyak lagi yang lainnya

Nah, dari berbagai sektor industri bisnis kreatif yang diulas diatas semoga dapat menjadi inspiransi bagi anda yang ingin terjun kedunia bisnis kreatif. Semakin banyak pelaku usaha bisnis kreatif akan semakin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki generasi yang penuh kreatifitas dan mampu bersaing di kanca Intrenasional. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Pos terkait