5 Pekerjaan Freelance Yang Menguntungkan Dan Layak Di Tekuni

Bagi Anda para mahasiswa atau pelajar, walaupun tugas utama anda adalah belajar, tetapi tak ada salahnya juga jika anda melakukan pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu belajar anda, guna mendapatkan uang saku tambahan.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang adalah dengan menjadi freelance. Dengan bekerja secara freelance, anda tak terikat waktu dengan perusahaan tempat anda bekerja. Anda tentunya hanya di upah berdasarkan apa yang telah anda kerjakan sesuai kemampuan anda.

Hal ini tentunya bukan hanya cocok bagi Anda para pelajar, bahkan untuk ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran pun bisa melakukan pekerjaan ini. Lantas pekerjaan freelance apa saja yang patut dicoba, yang menguntungkan tetapi tidak terllau menita waktu? Berikut ini jawabannya.

5 Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan

Content Writer

Semua orang pastilah pernah menulis. Setidaknya, di sekolahan seperti SMP atau SMA, Anda pastinya pernah mendapat tugas membuat artikel atau makalah. Oleh karena itu, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan siapapun tanpa melihat latar belakang pendidikannya.

Pekerjaan sebagai content writer sangat dibutuhkan apalagi di era internet saat ini. Banyak sekali pengelola web yang membutuhkan artikel – artikel menarik agar website-nya banyak dikunjungi orang dan dapat menaikkan pendapatan dari iklan. Untuk memulainya, Anda dapat browsing lowongan kerja freelance sebagai content writer di internet. Anda bisa melakukan pekerjaan ini di rumah asalkan memiliki komputer dan internet.

Fotografer atau Wartawan Lepas

Jika Anda penyuka fotografi, jadikanlah sosial media Anda seperti instagram sebagai media promosi diri Anda sebagai fotografer. Anda pun dapat pula bergabung dengan tim wedding organizer sebagai freelace fotografer (fotografer lepas) di dekat tempat tinggal anda.

Saat ini pun, banyak pula online shop yang membutuhkan jasa foto produk atau katalog produknya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk melakukan photoshoot produk mereka.

Selain itu, reporter lepas pun dapat menjadi opsi bagi Anda yang menyukai dunia jurnalisme. Saat ini banyak media yang menyediakan web citizen journalism di mana Anda bisa mengunggah video hasil reportase Anda dan mendapat bayaran jika video Anda ditayangkan di televisi seperti Net Citizen Journalist dan Metro TV.

Freelance Graphic Designer

Industri kreatif memang membuka peluang bagi siapa saja tanpa melihat latar belakang mereka. Kuncinya satu. Harus kreatif. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki jika seni memiliki skill kreativitas di bidang desainer, Anda patut mencoba pekerjaan sebagai desainer grafis secara freelance.

Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan bagi industri kreatif seperti perusahaan majalah, percetakan, konveksi, toko online, perusahaan ecommerce, dan beberapa perusahaan lainnya. Anda bisa melakukan desain logo, desain sablon untuk baju, desain brosur, dan sebagainya.

Guru Les Privat

Anda tentu dapat menjadi guru apapun sesuai dengan kemampuan Anda. Tidak hanya guru les di bidang akademik saja, Anda pun bisa menjadi guru les privat untuk bidang non akademik sesuai kemampuan Anda seperti guru les privat piano, gitar, memasak, mengaji, mengemudi, menjahit, dan yoga. Pekerjaan ini selain menguntungkan juga menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat bagi Anda.

Pengembang Web atau Web Developer

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang pemograman, jangan ragu untuk mencoba membuka jasa pengembang web. Saat ini banyak orang membutuhkan pengembang web untuk membuat web mereka dari mulai untuk kepentingan web pribadi, web untuk berjualan online, maupun web untuk partai politik. Biaya pembuatan web ini bisa bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta.

Nah, Itulah di atas beberapa contoh pekerjaan freelance yang patut Anda coba dan berpotensi membuat isi kantong anda menjadi tebal. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Pos terkait