5 Ide Bisnis Makanan di Pinggir Jalan yang Laris Manis dengan Modal Kecil

Anda ingin punya usaha sendiri tetapi tidak mempunyai modal yang banyak? Atau anda sudah mempunyai modal yang cukup tetapi bingung ingin membuka usaha apa dan memulainya dari mana? Sebenarnya, untuk memulai sebuah bisnis tidaklah susah asal anda mempunyai tekad yang kuat serta tahu alur bisnis anda ingin di bawa ke mana.

Dengan kisaran uang Rp.500.000,- sampai 1 juta rupiah, anda sudah bisa membuka sebuah usaha makanan di pinggir jalan. Jika anda ingin berjualan di pinggir jalan, pastinya anda harus meminta izin tempat terlebih dahulu dengan pihak yang terkait. Jangan langsung membuka lapak jualan Anda tanpa izin terlebih dulu, agar tidak ada hal-hal buruk yang terjadi di kemudian hari.

Nah, Jika anda ingin memulai sebuah bisnis terutama di bidang makanan dan anda masih belum tahu ingin berjualan apa, berikut ini adalah 5 ide bisnis makanan yang laris di pinggir jalan dan tidak memerlukan modal yang besar.

Bisnis Makanan di Pinggir Jalan yang Laris Manis

1. Aneka Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan? Hampir semua orang pasti suka dengan makanan ringan yang murah meriah ini. Dengan modal yang tidak seberapa, gak sampai 200an ribu rupiah, anda sudah bisa membuka bisnis aneka gorengan. Walaupun pesaing dalam usaha ini sangat banyak, akan tetapi jika anda punya kelebihan dan keunikan tersendiri, pastinya tidak sulit untuk bisa bersaing.

Misalnya, selain menjaga kwalitas rasa, anda bisa membungkus gorengan anda dengan sesuatu yang unik. Jika pedagang lain biasanya membungkus gorengan dengan plastik atau kresek putih, anda dapat membuat kemasan gorengan yang unik misalnya dengan menambahkan stiker nama bisnis anda. Atau, bisa juga anda membuat gorengan dengan berbagai macam jenis dan menambahkan varian rasanya. Beberapa gorengan yang dapat anda sediakan misalnya Pempek, tahu bunting, cireng, risol, martabak telur, bakwan, pisang goreng dan sebagainya.

2. Donat Waffle

Biasanya donat yang dijual di pinggir jalan adalah donat kentang dengan toping coklat, meses dan gula. Anda bisa jualan donat dengan varian rasa yang berbeda misalnya donat waffle. Belakangan ini donat waffle banyak di gemari. Biasanya donat waffle ini hanya bisa ditemukan di kafe-kafe. Masih jarang pedagang donat di pinggir jalan yang menjual donat waffle.

Bisnis makanan donat waffle di pinggir jalan menjadi peluang bisnis makanan yang akan menguntungkan karena belum banyak saingannya. Cukup dengan kisaran modal 1 juta rupiah, anda sudah bisa membuka gerai donat waffle di pinggir jalan. Anda bisa mempromosikan bisnis makanan donat waffle melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Path atau Twitter.

3. Martabak Manis Mini dan Kue Cubit

Martabak manis mini dengan aneka toping dan karakter adalah ide usaha makanan di pinggir jalan yang juga laris manis. Dengan harga pasaran Rp. 2000 – Rp.2.500 per buah, menjadikan martabak manis mini ini banyak digemari oleh banyak orang. Selain martabak mini, kue cubit juga banyak peminatnya. Biasanya, untuk kue cubit ada orang yang suka makannya setengah matang.
Jadi, jika anda memutuskan ingin berjualan kue cubit, agar pembeli mendapatkan pelayanan yang memuaskan, sebaiknya anda tanyakan dulu pada pembeli ingin kue cubit yang matang atau hanya setengah matang. Pelayanan yang memuaskan adalah salah satu strategi promosi untuk bisnis anda.

4. Warung Angkringan

Jika anda pergi ke kota gudeg yaitu Yogyakarta, kalau menjelang sore sampai malam pasti anda akan menemukan banyak warung-warung angkringan di pinggir jalan. Ya, bisnis angkringan termasuk bisnis yang sangat menguntungkan. Jika anda ingin membuka bisnis ini, buatlah angkringan yang unik sehingga para pembeli akan penasaran untuk mampir ke angkringan anda.

Biasanya, makanan yang dijual di angkringan pinggir jalan yaitu aneka gorengan, anekan minuman, nasi kucing, makanan ringan seperti keripik atau kerupuk. Tidak masalah bagi anda jika inign menyediakan menu makanan yang berbeda.

5. Burger

Burger atau humberger banyak dijadikan sebagai bisnis franchise atau warabala. Hal ini membuktikan bahwa burger merupakan makanan yang banyak disukai oleh semua orang. Jika anda juga ingin membuka usaha burger, tentunya anda harus siap dengan saingan yang banyak. Rekomendasi untuk anda yang ingin jualan burger, anda bisa membuat burger yang mempunyai cita rasa berbeda.

Biasanya, burger menggunakan mayones dan saus tomat. Mayones mempunyai rasa yang sedikit asam, nah anda dapat membuat mayones dengan rasa yang manis untuk cita rasa burger yang berbeda.

Itulah 5 ide bisnis makanan di pinggir jalan yang laris manis, menguntungkan dan tidak membutuhkan modal yang besar Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk membuka bisnis makanan yang diinginkan.

Pos terkait