5 Ide Bisnis Ini Bisa Buat Kantong Mahasiswa Tebal

Mahasiswa terutama yang hidup jauh dari orangtua pastilah membutuhkan biaya bulanan untuk segudang keperluan hidup. Beruntunglah buat Anda yang mendapatkan beasiswa. Akan tetapi bagi Anda yang masih mengandalkan biaya dari orangtua, tentu Anda harus berpikir bagaimana bisa meringankan beban mereka.

Untuk mempertebal kantong terutama saat menghadapi akhir bulan, Anda patut mencoba melakukan pekerjaan tambahan di samping belajar. Berbisnis tentunya adalah opsi yang tepat.

Nah, buat para mahasiswa, berikut ini adalah beberapa rekomendasi peluang bisnis yang bisa Anda coba, guna mempertebal kantong Anda

1. Guru Les Privat

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Di kota – kota besar, banyak orangtua yang lebih memilih guru les privat yang datang langsung ke rumah dibandingkan dengan lembaga bimbingan belajar (bimbel).

Alasannya sederhana. Di samping dapat memberikan pengajaran lebih intensif, dengan mendatangkan guru les ke rumah, orangtua dapat lebih mudah melakukan pemantauan dan menjamin keamanan anak. Bisnis ini menguntungkan, karena modal yang Anda keluarkan untuk bisnis ini sangat minim namun keuntungannya cukup tinggi.

Anda dapat menjadi guru sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Misalnya, jika Anda dari jurusan teknik informatika, Anda dapat menjadi guru les matematika. Jika Anda dari jurusan geologi, Anda dapat menjadi guru les geografi. Atau, jika Anda menguasai kemampuan non akademik seperti bermain alat musik, menari, dan memasak, Anda pun bisa melakukannya.

2. Jasa Pembuatan Desain Grafis dan Craft

Bagi Anda yang memiliki keterampilan yang mumpuni, jangan ragu untuk menciptakan peluang Anda. Anda bisa membuka jasa desain grafis seperti jasa pembuatan desain kaos, desain kemasan produk, logo produk, katalog produk, atau ucapan “Selamat Ulang Tahun” dan Kelulusan.

Anda pun bisa membuka toko online yang menjual pernak – pernik untuk perayaan ulang tahun maupun kelulusan. Membuat kerajinan tangan untuk hadiah ulang tahun dan wisuda pun patut Anda coba, seperti karikatur, pop up, bantal lukis dan lain – lain. Dengan bantuan sosial media dan media perpesanan seperti Line dan BBM, Anda bisa memasarkan produk Anda lebih luas.

3. Bisnis Penerjemahan Bahasa

Anda cukup jago bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Mulailah promosikan kemampuan Anda tersebut di sosial media atau media perpesanan bahwa Anda siap menerima pesanan jasa penerjemah. Peluang ini sangat terbuka lebar terutama di lingkungan akademis yang sering berhubungan dengan buku dan referensi berbahasa asing.

4. Melakukan Bisnis Online

Saat ini pelaku usaha terutama yang berbasis online banyak menggunakan instagram sebagai media untuk memasarkan produknya. Fenomena endorsement atau mempromosikan produk suatu toko oleh selebgram pun menjamur di mana-mana.

Hal tersebut menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap belanja secara online. Manfaatkanlah hal ini untuk menciptakan produk yang dapat dijual secara online. Bisa berupa kaos, hijab, sepatu, makanan ringan, atau accecories.

5. Menjadi Makelar Kaos Konveksi

Kegiatan mahasiswa di kampus tentu sangatlah banyak. Biasanya, suatu kepantiaan tertentu atau organisasi tertentu memiliki kaos seragam yang menjadi identitas organisasi mahasiswa tersebut. Peluang ini tentu bisa Anda manfaatkan dengan menjadi makelar atau perantara antara organisasi mahasiswa dan konveksi.

Bisnis ini bisa dibilang mengeluarkan modal Rp0. Anda hanya bermodal dengkul untuk bisa meyakinkan konsumen dari kalangan mahasiswa agar mau membeli kaos dari Anda. Anda bisa bekerja sama dahulu dengan perusahaan konveksi agar memberikan harga khusus kepada Anda. Salah satunya bisa anda coba Klik Disini

Itulah beberapa bisnis yang patut dicoba oleh mahasiswa. Dengan modal seminim mungkin dan untung yang berlipat ganda, bisnis – bisnis tersebut tentu akan membantu perekonomian mahasiswa. Selamat mencoba!

Pos terkait