5 Ide Bisnis di Bidang Peternakan yang Sangat Menjanjikan

Banyak peluang usaha yang bisa anda jadikan ide untuk memulai bisnis. Hampir semua barang dan jasa di dunia ini bisa dibisniskan. Tak terkecuali bisnis dalam bidang peternakan. Berbisnis di bidang peternakan ternyata sangat menggiurkan omsetnya.

Bisnis peternakan termasuk bisnis yang cukup menjanjikan. Bagi anda yang ingin memulai bisnis peternakan tetapi masih bingung ingin menekuni bidang ternak berikut ini adalah 5 daftar bisnis peternakan yang menjanjikan, yang layak anda pertimbangkan.

1. Peternakan ayam

Untuk bisnis ternak ayam, anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari dagingnya saja tetapi juga dari telurnya. Untuk memulainya, anda tidak perlu langsung sekaligus membuka peternakan ayam yang besar karena tentunya akan membutuhkan modal banyak. Mulailah bisnis ternak ayam sesuai dengan kemampuan anda. Sebelum memulainya, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara ternak ayam yang baik. Hal ini sangat penting anda ketahui untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan yang bisa menimbulkan kerugian.

2. Ternak ikan lele

Tingkat kesulitan budidaya ikan lele lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Bisnis ternak ikan lele atau budidaya ikan lele sangat menjanjikan karena hampir semua orang menyukai ikan lele, sebab selain rasanya yang lezat, juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik. Masa panen untuk ikan lele juga lebih cepat dan juga ikan lele bisa bertahan hidup dalam kondisi apapun. Anda bisa membuat kolam ikan di depan rumah atau di belakang rumah anda untuk tahap awal ketika anda memutuskan untuk terjun ke bisnis terrnak lele.

3. Peternakan Sapi

Untuk memulai bisnis ternak sapi tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sesuai dengan modal yang dikeluarkan, omset dari bisnis peternakan sapi ini tidak di ragukan lagi besarnya. Apalagi kalau sedang hari raya Idul Fitri atau hari raya Idul Adha, permintaan pasar akan daging sapi sangat tinggi. Selain itu permintaan daging sapi setiap harinya juga tak pernah sepi. Sebab berbagai aneka olahan kuliner, menggunakan daging sapi ini sebagai bahan dasarnya. Selain itu, beternak sapi, dalam hal ini sapi perah, memilik prospek yang bagus juga, sebab sapi ini merupakan penghasil susu. Dan susu sapi merupakan salah satu asupan sehat yang selalu di cari setiap orang.

4. Peternakan Kambing

Tidak hanya sapi, ternak kambing pun juga cukup menjanjikan selain itu dari sisi modal juga masih bersahabat. Setidaknya, untuk membuka ternak kambing modal yang dikeluarkan tidak sebesar modal bisnis peternakan sapi. Beternak kambing memiliki prospek yang besar dan dalam jangka panjang pasar akan selalu ada. Hewan ini merupakan hewan yang populer di gunakan untuk qurban dan keperluan aqiqah.

Selain itu, berbagai olahan makanan, misalnya sate, gule, soto, rawon, dan sebagainya menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Belum lagi, susunya. Dewasa ini susu kambing mulai banyak di kenal, dan mulai populer di kalangan masyarakat. Sebab, kandungan gizinya memang tinggi dan tidak kalah dengan susu sapi. Melihat fakta tersebut, tak heran beternak kambing merupakan usaha yang layak untuk di geluti yang bisa mengantar kita pada kesuksesan.

5. Peternakan Bebek

Tidak hanya ternak ayam, ternak bebek juga menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Harga bebek biasanya lebih tinggi dibandingkan harga ayam. Permintaan telur bebek di pasaran juga tinggi karena telur bebek adalah bahan utama untuk pembuatan telur asin. Inilah yang menjadikan beternak bebek memiliki prospek yang cerah. Selain di ambil telurnya, bebek juga di jadikan olahan kuliner yang lezat dan memiliki pangsa pasar yang luas, layaknya daging ayam.

Itulah 5 daftar bisnis peternakan yang prospek ke depannya menguntungkan. Jika anda sudah memutuskan untuk terjun di bidang bisnis peternakan, anda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara memulainya serta apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Hal ini untuk menghindari kerugian besar yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi anda seputar bisnis di bidang peternakan.

Pos terkait