5 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Untuk Menangkal Kemiskinan

Miskin merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Baik itu dari kalangan kaya, maupun kalangan yang memang dari sononya sudah miskin. Berbagai macam cara dan upaya dilakukan banyak orang untuk terhindar dari miskin, tetapi banyak dari mereka yang ingin menghindarinya, malah menjadi miskin.

Nah, berikut ini kami bagikan beberapa hal yang wajib anda jalani untuk menghindari kemiskinan yang berpotensi mendera anda.

5 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Untuk Menangkal Kemiskinan

1. Berdoa

Langkah paling awal untuk menangkal miskin yaitu dengan berdoa. Jika mendahulukan berdoa sebelum melakukan sesuatu, maka hal yang kita lakukan akan lancar termasuk untuk mencari uang. Bila anda beragama Islam, ada 3 cara yang dapat anda lakukan, yang pertama bacalah surah Al Waqiah pada pagi, siang, dan malam hari. Cara yang kedua yaitu perbanyak membaca sholawat dan cara yang ketiga selalu laksanakan shalat wajib ditambah shalat malam. Perlu diingat, jangan berdoa semata-mata ingin menjadi kaya, karena jika kita berdoa hanya ingin menangkal miskin maka kita termasuk orang yang syirik.

2. Bekerja Keras

Bekerja keras merupakan hal penting, namun bekerja tanpa strategi tidak akan mendulang hasil yang besar. Anda perlu menjadi seseorang yang cukup pintar untuk melihat peluang dan apa yang sedang fenomenal di masyarakat. Sebelum memulai segala sesuatunya, lakukan penelitian dan evaluasi terhadap pekerjaan anda. Rencanakan juga strategi yang matang disertai strategi cadangan. Disamping itu, dalam bekerja teruslah berusaha menjadi yang terbaik agar apa yang anda lakukan dan apa yang anda hasilkan selalu menjadi yang nomor satu diantara pesaing-pesaing anda.

3. Selalu Optimis

Kekayaan tidak dibangun dalam sekejap mata, jadi anda harus membuang jauh-jauh rasa pesimis dari pikiran anda. Anda tidak boleh takut untuk memulai segala sesuatunya dari nol. Dalam artian, jangan takut menerima hasil yang kecil, jangan takut untuk tinggal di tempat sederhana, dan jangan takut untuk naik angkutan umum demi untuk berinvestasi. Tanamkan selalu sikap optimis karena semua orang sukses selalu memulai keberhasilannya dari bawah. Jika anda menemui batu sandungan di tengah jalan, maka jangan ragu untuk segera bangkit dan berusaha lagi.

4. Tidak Boros

Besarnya penghasilan yang anda dapatkan akan percuma jika anda boros. Biasakan untuk menyisihkan sebagian dari total penghasilan anda di tabungan. Jangan pernah berpikiran untuk mengotak-atiknya apalagi menggunakan uang tersebut untuk berbelanja atau jalan-jalan. Karena uang yang anda sisihkan itu merupakan uang simpanan. Adapun tujuan utama dalam menyisishkan uang adalah untuk berinvestasi secara pribadi dan juga sebagai dana cadangan jika terjadi sesuatu hal tak terduga di tengah jalan.

Belajar dari orang Tionghoa yang begitu cermat dalam mengatur keuangan. Dimana saat seseorang biasanya menyisihkan 10%-20% dari penghasilannya, orang Tionghoa mampu menyisihkan 50%-80%.

5. Hindari Hutang

Hutang sebenarnya adalah sebuah aib, jadi jangan menjadikannya sebuah kebiasaan. Berhutang merupakan pilihan terakhir jika seseorang mendapati sebuah musibah dimana tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Meskipun demikian, segala keperluan lebih baik bukan dari hasil hutang.

Tidak mengapa berhutang untuk keperluan bisnis dengan income yang pasti. Namun, yang harus anda hindari adalah hutang yang tidak membuahkan hasil. Misalnya, hutang untuk membeli barang-barang mahal, karena nilai barang tersebut pasti menurun. Hutang dengan cara cicilanpun mampu merusak arus keuangan anda secara perlahan. Awalnya terasa ringan dengan mencicil, lama kelamaan, penghasilan anda akan habis untuk membayar cicilan.

Apakah anda sudah melakukan kelima hal di atas? Nah, selamat berbenah diri.

Pos terkait