5 Hal Ini Yang Membuat Bisnis Sampingan Anda Seringkali Gagal

5 Hal Ini Yang Membuat Bisnis Sampingan Anda Seringkali Gagal usaha bangkrut hutang menumpuk usaha bangkrut pengepul rongsokanMenjadi wirausahawan yang sukses pastinya merupakan cita-cita bagi semua pelaku usaha. Akan tetapi, sayangnya semua itu tidak mudah.

Dan yang sering terjadi malah sebaliknya. Mengalami kegagalan dan akhirnya menyerah.

Untuk itu di bawah ini kami bagikan beberapa infomasi buat pembaca semua yang saat ini sedang menjalani bisnis sampingan, mengenai apa saja penyebab kegagalan yang sering kali mendera.

1. Manajemen Waktu dan Ekspansi Bisnis Yang Tidak Seimbang

Jika Anda masih mempertahankan pekerjaan penuh waktu Anda saat mengerjakan bisnis sampingan, maka Anda perlu mewaspadai hal ini. Beberapa orang sudah membayangkan mendapatkan profit yang menggiurkan saat menjalankan bisnis sampingan, sehingga cenderung mengambil semua kesempatan/proyek yang datang demi ekspansi bisnis yang luas.

Hal ini justru membuat fokus dan kualitas pekerjaan tidak maksimal. Apalagi, Anda masih harus berkonsentrasi pada pekerjaan utama Anda. Bisnis sampingan Anda akan lebih bisa berkembang jika Anda fokus di 1 bisnis/proyek saja, sehingga Anda bisa beradaptasi dan melakukan manajemen waktu yang baik.

2. Manajemen Keuangan yang Buruk

Saat memulai bisnis sampingan, mungkin ada beberapa orang yang terkendala dengan kebutuhan modal, kemudian mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Hal ini memang salah satu solusi, namun jika Anda tidak melakukan pengawasan penggunaan pinjaman ini dengan ketat, bukan tidak mungkin Anda bukannya meraup untung tetapi terjebak hutang.

Selain itu, dalam melakukan kontrol atas pengaturan arus kas, Anda harus betul-betul menguasai dan melakukan manajemen administrasi yang baik atas pengeluaran operasional dan pendapatan/profit Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran kondisi keuangan bisnis sampingan Anda secara menyeluruh.

3. Strategi Pemasaran yang Kurang Maksimal

Tidak bisa dipungkiri bahwa di masa sekarang ini, strategi pemasaran dalam sebuah penyelenggaraan bisnis memegang peranan penting dalam menentukan kesuksesan bisnis tersebut. Strategi pemasaran Anda menentukan seberapa jauh calon pelanggan Anda akan mengenal Anda, dan seberapa setia pelanggan kepada Anda.

Anda harus memahami strategi pemasaran yang paling efektif sesuai dengan perkembangan zaman dan target pemasaran Anda. Misalnya bisnis sampingan Anda adalah penjualan baju-baju untuk anak muda, tentu membuka kios di pasar hasilnya tidak akan semaksimal promosi melalui media sosial, bukan?

4. Rencana Bisnis yang Tidak Komprehensif

Coba Anda perhatikan, setiap perusahaan besar pasti memiliki rencana bisnis yang lengkap setidaknya untuk 1 tahun ke depan. Hal ini untuk memastikan bahwa segala kegiatan yang terkait dengan penyelenggaraan bisnis sudah terencana dan dilaksanakan sesuai target waktu yang ditentukan. Hal ini juga harus Anda terapkan, walaupun bisnis sampingan Anda mungkin masih dalam skala kecil.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki rencana bisnis yang menyeluruh dan komprehensif, maka Anda tidak akan memiliki gambaran yang utuh akan kebutuhan operasional, strategi pemasaran, manajemen keuangan, bahkan posisi bisnis sampingan Anda di antara para pesaing. Hal ini akan menyebabkan Anda menjadi ragu-ragu dalam mengambil langkah dalam mengembangkan bisnis sampingan Anda.

5. Tidak Memperhatikan Kompetitor

Berfokus dalam memajukan dan mengembangkan bisnis sampingan Anda memang penting, tetapi Anda tidak boleh pula meremehkan langkah-langkah yang diambil oleh kompetitor Anda. Jika Anda tidak menaruh perhatian khusus terhadap strategi pemasaran dan inovasi produk/jasa yang dilakukan oleh kompetitor Anda, maka bukan tidak mungkin Anda akan tertinggal jauh di belakang dan pelanggan Anda pun akan berpaling pada kompetitor Anda.

Nah, setelah mengetahui hal-hal apa saja yang membuat bisnis sampingan Anda seringkali gagal, kini Anda lebih siap untuk memulai menjadi wirausahawan, bukan? Semoga sukses!

Pos terkait