4 Langkah Membuat Artikel yang SEO Friendly

Bagi sebagian orang yang sudah banyak berkecimpung di dunia web, tentunya sudah tidak asing dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah sejumlah upaya yang dilakukan oleh para webmaster dengan tujuan, agar blog atau website yang mereka bangun bisa muncul di pencarian halaman pertama google. Dengan demikian, tentunya website mereka akan berpeluang besar mendapatkan banyak pengunjung.

Nah berbicara mengenai SEO memang tak ada habisnya, tiap master mempunyai tehnik yang berbeda-beda. Dan kali ini, kami ingin mengulas mengenai salah satu bagian dari SEO, tapi yang berkenaan dengan konten/artikel, atau bisa juga di sebut artikel yang seo friendly. Nah langsung saja, berikut ulasan selengkapnya.

Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly

1. Lakukan riset keyword (kata kunci) untuk artikel anda

Kata kunci (keyword) memiliki peranan penting dalam pencarian artikel. Mayoritas pembaca lebih memilih menggunakan kata kunci untuk menemukan artikel yang mereka butuhkan dibandingkan dengan menuliskan satu kalimat penuh yang tentunya dinilai tidak efisien. Oleh karena itu, untuk menulis artikel yang SEO Friendly, langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan melakukan riset keyword.

Saat ini riset keyword tidak harus dilakukan secara manual, anda bisa menggunakan alat riset keyword yang bernama Google Adwords Keyword Planner. Melalui alat bantu tersebut, anda dapat mengetahui level pencarian sebuah kata kunci, apakah masuk dalam kategori rendah, sedang, atau kah tinggi. Selain itu, alat ini juga memudahkan anda untuk mengetahui harga perklik per kata kunci, sehingga dapat meningkatkan penghasilan anda tiap harinya.

2. Cek penulisan judul artikel anda

Untuk menjadikan sebuah artikel sebagai artikel yang SEO Friendly penempatan judul juga memiliki peranan yang penting. Jika judul anda sudah ada dalam pencarian google maka besar kemungkinan ketika anda memposting judul tersebut, yang terjadi judul anda akan masuk kategori spam sehingga hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap traffic blog anda.

Oleh karena untuk lebih amannya, anda bisa merubah sedikit judul anda dengan menambahkan kata tertentu. Selain itu, anda juga bisa menampilkan kata kunci di awal kalimat untuk meningkatkan persaingan di mesin pencari google.

3. Gunakan variasi kata kunci sebagai sub judul artikel

Sebuah artikel akan lebih mudah dipahami jika ia memiliki sub judul. Nah anda bisa memanfaatkan hal ini, dengan menyelipkan variasi kata kunci sebagai sub judul artikel anda. Jika kata kunci awalnya adalah masker madu, maka variasi kata kunci yang bisa anda gunakan adalah: membuat masker madu, manfaat masker madu, atau kombinasi masker madu dan jeruk. Dalam istilah blogger variasi sub judul ini biasa disebut dengan Latent Semantic Indexing keywords (LSI keywords).

4. Selipkan keyword di paragraf pertama dan paragraf lainnya secara natural

Ada sejumlah pakar yang merekomendasikan, untuk membuat paragraf pertama anda semenarik mungkin supaya bisa memancing pembaca untuk membaca kelanjutan isinya. Hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang tidak memiliki dasar. Logikanya para pembaca biasanya menilai bagus tidaknya artikel adalah dari paragraf pertama.

Oleh karena itu anda bisa memasukkan kata kunci (keyword) setidaknya pada 100 kata pertama yang anda tulis secara natural. Hal ini dilakukan dengan tujuan artikel anda dapat bersaing masuk di halaman pertama mesin pencarian google.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips menulis artikel yang seo friendly. Dapatkan banyak keuntungan tanpa meninggalkan kualitas artikel anda dengan menerapkan beberapa tips di atas pada artikel yang akan anda posting di web. Semoga bermanfaat.

Pos terkait